Hadir di GIIAS 2022, Menjadi Sinyal Jika Daihatsu Rocky Hybrid Akan Dijual di Indonesia
Hadir di GIIAS 2022, Menjadi Sinyal Jika Daihatsu Rocky Hybrid Akan Dijual di Indonesia

Berita Pekanbaru Terbaru – Rocky e-Smart Hybrid atau Daihatsu Rocky Hybrid yang turut hadir pada gelaran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2022 beberapa waktu yang lalu.

Mobil tersebut telah diluncurkan di Jepang pada bulan November 2021 yang lalu. Mungkin dengan hadirnya Rocky Hybrid tersebut merupakan sinyal jika PT ADM (Astra Daihatsu Motors) akan memasarkan mobil tersebut ke pasar otomotif di tanah air.

Meski Sri Agung Handayani selaku Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM mengatakan jika Daihatsu Rocky Hybrid untuk wilayah tanah air saat ini belum dipasarkan, karena masih dalam tahap studi.

Baca Juga : 6 Mitos yang Populer Seputar Berkendara Motor Ini Tak Dapat Dipercaya

Meski pun belum dijual, Daihatsu masih ingin menunjukkan secara global jika Daihatsu memiliki komitmen terhadap elektrifikasi begitupun dengan teknology hybrid.

Perbedaan serta Kelebihannya

Meski terlihat sama dengan Daihatsu Rocky versi bensin, tetapi untuk teknologi hybrid serta mesinnya memiliki perbedaan.

Interior

Rocky Hybrid yang terlihat hampir sama dengan versi bensin, hanya saja karena mobil tersebut didatangkan dari Jepang sehingga layar instrumen digitalnya masih menggunakan tulisan Jepang (kanji).

Pada bagian jok, Rocky Hybrid mempunyai garis aksen berwarna merah. Perbedaan lainnya pun terlihat dengan adanya Electric Parking Brake serta head unit dan untuk tombol menyalakan mesinnya tak lagi start stop melainkan power dengan kelir berwarna biru.

Untuk kemudi nada juga mode berkendara serta untuk pengecasan smartphone dapat menggunkan power outlet AC 100 Volt.

Eksterior

Yang paling terlihat perbedaan antara Daihatsu Rocky bensin dan Hybrid ialah pada bagian logonya yang menggunakan warna biru mirip dengan kendaraan elektrifikasi pada Lexus hingga Toyota. Serta tersemat pula emblem e-Smart Hybrid.

Perbedaan selanjutnya tampak pada bagian grille, yang mana bentuknya tak lagi horizontal tetapi mirip sisik atau rantai berbentuk persegi. Perbedaan lainnya juga terlihat dari bentuk Foglamp dimana pada Rocky Hybrid memiliki bentuk lebih kecil.

Hadir di GIIAS 2022, Menjadi Sinyal Jika Daihatsu Rocky Hybrid Akan Dijual di Indonesia
Hadir di GIIAS 2022, Menjadi Sinyal Jika Daihatsu Rocky Hybrid Akan Dijual di Indonesia

Sementara pada bagian sampingnya, velg yang mungkin terlihat sama hanya saja lug nut atau mur roda untuk seri Rocky Hybrid berjumlah lima dimana pada versi bensin hanya terdapat empat saja.

Fitur

Pada Daihatsu Rocky Hybrid dilengkapi dengan berbagai fitur, selain fitur-fitur yang ada pada Rocky versi bensin ada pula fitur lainnya seperti 19 fungsi keselamatan aktif yang berbeda, Smart Assist, pendeteksi pejalan kaki, fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang juga mendukung mode malam hari serta fungsi pendeteksi rambu lalu lintas yang dapat memberikan peringatan maximum speed dan stop.

Tak hanya itu saja, Daihatsu Rocky Hybrid pula sudah dilengkapi dengan ACC atau Adaptive Cruise Control yang mampu membuat berkendara jarak jauh menjadi lebih nyaman.

Pada bagian yang lain, Rocky Hybrid juga didukung dengan fitur CTA (Cornering Trace Assist) yang berfungsi untuk menstabilkan kendaraan dengan cara memberikan sejumlah gaya pengereman pada roda ketika berada di jalan menikung. Jika terdeteksi kendaraan melayang ke arah luar kurva jalur, akan tetap terasa nyaman pada saat berkendara.

Performa

Masuk ke jantung pacunya, dimana mesin Rocky Hybrid yang disematkan oleh mesin berkode WA-VEX dengan kapasitas 1.2 liter, 3 cylinder yang mampu menghasilkan daya sebesar 80 Tk dengan torsi 105 Nm untuk pengisian baterai lithium ion dengan kapasitas 4,3 Ah yang ada pada bagasi belakang.

Pada saat menggunakan motor listrik, akan mampu menghasilkan daya hingga 104,5 Tk dengan torsi 170 Nm.

Sebenarnya, mesin bensin tersebut berfungsi sebagi generator untuk dapat menghasilkan listrik supaya mampu menyuplai ke baterai dan juga motor penggeraknya. Teknologi tersebut pula yang dikatakan oleh Daihatsu sebagai e-Smart Hybrid.

Dikarenakan telah hybrid, sehingga dikatakan pula jika mobil tersebut masih dalam pengetesan secara internal yang mampu tembus hingga 28 km/liter.

Di Jepang sendiri, Daihasu Rocky Hybrid dipasarkan dengan harga Rp. 300 jutaan. Sehingga dapat dibayang kan jika mobil tersebut masuk ke indonesia, kira-kira berapa harganya?

Untuk informasi  seputar Berita Otomotif Terbaru lainnya pastikan hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here