Usia Pakai Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Mampu Bertahan Hingga 10 Tahun
Usia Pakai Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Mampu Bertahan Hingga 10 Tahun

Berita Pekanbaru – PT SIS (Suzuki Indomobil Sales) menjamin jika baterai yang disematkan pada All New Ertiga Hybrid memiliki daya tahan yang sangat kuat dengan masa pakai yang mampu bertahan hingga usia 10 tahun.

Adhi Prasojo, 4W Technical Service Section Head PT SIS mengungkapkan beberapa fakta menarik terkait ketahanan dari baterai All New Ertiga Hybrid itu sendiri. Dimana jika baterai tersebut memang harus diganti, masa pakai baterai tersebut cukup lama berada pada kisaran antara 5 hingga 10 tahun. Berdasarkan data yang dimiliki secara global, jika hal tersebut sangatlah kecil kemungkinan terjadinya kerusakan pada baterai All New Ertiga Hybrid.

Suzuki juga telah memberikan jaminan terhdap baterai yang digunakan untuk All New Ertiga Hybrid hingga 5 tahun yang setara pula dengan 100.000 km pemakaian mobil tersebut.

Baca Juga : Rencana Honda Baru Akan Hadirkan Dua Model Hybrid Tahun Depan di Indonesia

Dihimbau pula kepada para pemilik mobil agar tak perlu khawatir apabila terjadi kerusakan pada baterai tersebut sewaktu-waktu, karena Suzuki akan melakukan penggantian sepenuhnya jika baterai tersebut masih dalam masa garansinya.

Masa garansi untuk baterai tersebut adalah 5 tahun dan jika dalam waktu tersebut terjadi kerusakan pada baterai, maka pihak Suzuki akan menanggung penggantian baterai dengan beberapa catatan, seperti rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi secara tepat waktu.

Para pemilik mobil juga diimbau untuk melakukan tiga hal agar dapat melakukan klaim jika baterai tersebut rusak dalam masa garansinya.

Yang pertama adalah melakukan servis di bengkel resmi Suzuki, berikutnya dengan melakukan perawatan secara rutin sesuai dengan petunjuk buku manual dan yang ketiga ialah selalu menggunakan mobil tersebut agar baterainya tetap awet.

Usia Pakai Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Mampu Bertahan Hingga 10 Tahun
Usia Pakai Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Mampu Bertahan Hingga 10 Tahun

Prosedur penggantian baterainya pun ternyata tidak lah sulit, para pemilik hanya diharuskan membawa mobilnya ke bengkel resmi Suzuki. Untuk penggantiannya pun tak begitu sulit, yang hanya memakan waktu sekitar 15 menit dengan cara membuka jok bagian depan kiri bawah.

Lantas, bagaimana jika baterai tersebut harus diganti tetapi mobil telah melewati masa garansinya?

Untuk biaya penggantian baterai tersebut, pabrikan asal Jepang tersebut mengatakan jika para konsumen dapat melakukan penggantian baterai dengan biaya berkisar Rp. 15 jutaan untuk satu set komponennya.

Jika baterai All New Ertiga Hybrid tersebut sudah rusak, maka tak dapat di recharge. Dimana kalau baterai tersebut telah mati maka harus dilakukan penggantian yang bersifat assy atau satu set. Sementara untuk penyebabnya kerusakannya sendiri akan diketahui setelah dilakukan investigasi. Meski baterai tersebut telah rusak, Suzuki masih menjamin jika mobil tersebut akan tetap dapat digunakan secara normal. Mesin bensinnya akan tetap bekerja sebagai mana mestinya akan tetapi baterainya saja yang tak dapat berfungsi secara normal.

Untuk kondisi baterai All New Ertiga Hybrid dapat diketahui melalui indikator yang ada pada instrument cluster yang berupa tampilan bar (strip). Jadi selama dalam mesin mobil tersebut masih terdapat bensin, maka mobil tersebut masih bisa bekerja secara normal. Apabila terjadi kerusakan pada baterainya, maka akan muncul peringatan karena untuk informasi baterai tersebut terdapat indikator bar nya sendiri. Contohnya saja jumlah baterai yang masih tersisa 2 bar, untuk pengisiannya hanya perlu dilakukan pemanasan mobil kemudian menyalakan seluruh elektrikalnya.

All New Ertiga Hybrid pula didukung dengan baterai Lithium-Ion untuk pengoperasiannya dengan kapasitas sebesar 6 Ah, 12 volt. Baterai tersebut juga termasuk dalam kategori konvensional (lead acid) yang juga berpadu dengan ISG (integrated starter generator).

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar Berita Otomotif Terupdate hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here