Samsung Galaxy Z Flip 4 vs Fold 4: Mana yang Harus Anda Pilih?

DANG MERDU – Galaxy Z Flip 4 dan Fold 4 adalah tambahan terbaru untuk seri ponsel lipat dari Samsung. Upgrade mereka kali ini tampaknya adalah tentang menyempurnakan pengalaman perangkat lipat terakhirnya daripada membuat perubahan desain secara drastis. Jika Anda berencana membeli ponsel lipat, mana yang harus Anda pilih: Flip 4 atau Fold 4? Mari kita lihat lebih detail dari setiap perangkat dan membantu Anda memutuskan mana yang tepat untuk Anda.

Mengapa Anda Harus Memilih Z Flip 4?

Z Flip 4 jauh lebih murah daripada Fold 4. Harganya mulai dari 14 jutaan rupiah sedangkan Fold 4 berharga 25 jutaan rupiah, harga yang sama dengan pendahulunya. Meski sedikit lebih tinggi dari ponsel Android biasa, Flip 4 memiliki desain smartphone yang lebih mainstream dengan layar utama 6,7 ‚Äč‚Äčinci.

Bezel pada Z Flip 4 sedikit lebih ramping dari pendahulunya, memberikan rasio screen to body 85,4% yang lumayan lebih baik. Itu berarti kebutuhan konsumsi media entertainment tidak akan menjadi masalah. Layar utamanya menampung kamera depan 10MP f/2.4 yang dapat merekam video 4K pada 60fps. Saat ditutup, Anda dapat menggunakan layar kecil 1,9 inci untuk membaca notifikasi dengan cepat, melihat cuaca, mengganti lagu, dan banyak lagi. Di sisi layar kecil ini terdapat dua lensa kamera: kamera utama 12MP f/1.8 dengan OIS dan lensa ultra lebar 12MP f/2.2.

Flip 4 tidak memiliki lensa telefoto seperti pendahulunya Z Flip 3. Ini mengecewakan mengingat harganya yang memang tidak murah. Namun, perangkat ini memiliki baterai yang lebih besar yaitu 3700mAh dengan pengisian daya melalui kabel 25W dan pengisian nirkabel 15W. Sehingga Anda dapat mengharapkannya bertahan lebih lama.

Samsung memasarkan ponsel Flip sebagai aksesori fesyen selain sebagai smartphone. Dan poin utama dari perangkat ini adalah sangat kompak saat dilipat, membuatnya lebih mudah dikantongi dan mengingatkan pada ponsel flip lama di awal tahun 2000-an. Dengan Flip 4 Bespoke Edition, Anda dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa perangkat tergantung pada kombinasi warna pilihan Anda. Opsi ini sayangnya tidak tersedia untuk Fold 4.

Baca Juga: Cara Branding Merek yang Kuat untuk Bisnis Kecil Anda

Mengapa Anda Harus Memilih Z Fold 4?

Sementara Flip 4 lebih merupakan pernyataan dari gaya yang berkarakter, Fold 4 adalah tentang produktivitas yang powerful. Anda dapat menggunakan layar utama berukuran 7,6 inci untuk menjalankan tiga aplikasi sekaligus dalam mode layar terpisah dan menggunakan fitur bilah tugas baru yang meniru bilah tugas pada laptop Windows untuk membuka aplikasi dengan cepat.

Bezelnya juga lebih ramping pada Z Fold 4, membuat rasio screen to body 90,9% yang mengesankan. Dengan layar sebesar ini, Anda dapat menggunakannya untuk membuat karya seni yang sangat mendetail melalui stylus. Namun, Anda tidak dapat menggunakan stylus apa pun yang Anda suka; Anda harus membeli S Pen Fold Edition atau S Pen Pro khusus agar tidak merusak layar.

Samsung mengklaim kamera yang ada di bawah layar 4MP f/1.8 generasi kedua telah menerima beberapa peningkatan penting. UDC adalah salah satu fitur terburuk dari Fold 3. Karena teknologinya yang masih sangat baru, membuat wajah Anda terlihat buram saat melakukan panggilan video atau rapat saat menggunakan layar utama. Atau, Anda dapat menggunakan kamera depan 10MP f/2.2 pada layar cover 6,2 inci. Atau, untuk mendapatkan kualitas terbaik, Anda bisa sedikit berkreasi dan menggunakan sistem kamera utama hanya dengan membuka lipatan perangkat dan memutarnya.

Berbicara tentang kamera, Anda mendapatkan shooter kamera utama 50MP f/1.8 dengan OIS dan video 4K pada 60fps, lensa ultra lebar 12MP f/2.2, dan lensa telefoto 10MP f/2.4 dengan OIS dan zoom optik 3x. Itu membuatnya memiliki total lima kamera di telepon termasuk selfie shooter. Untuk kapasitas baterai 4400mAh pada Fold 4 sama dengan pendahulunya Z Fold 3. Anda juga mendapatkan dukungan pengisian kabel cepat dengan daya 25W yang sama, tetapi dukungan pengisian nirkabel 15W yang sedikit lebih cepat dari versi sebelumnya.

Jadi, Anda mau pilih yang mana? Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita gadget terbaru yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here