Gubernur Riau Lakukan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Momen HUT Ke-77 RI
Gubernur Riau Lakukan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Momen HUT Ke-77 RI

Berita Pekanbaru Terkini – Saat menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia, Gubernur Riau H. Syamsuar dan Wakil Gubernur Edy Natar Nasution, bersama Forkopimda Riau kemarin melaksanakan Apel Kehormatan dan juga Renungan Suci.

Apel kehormatan dan renungan suci ini dipimpin langsung oleh Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 031/Wirabima yaitu Brigadir Jenderal TNI Parlindungan Hutagalung, S.A.P. sebagai Inspektur upacara.

Kegiatan ini juga dilaksanakan langsung tepat pada pukul 00:00 WIB bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma Pekanbaru, pada Rabu (17/08/2022).

Pada kesempatan itu juga, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung menyampaikan, bahwa kegiatan itu merupakan upaya kita sebagai aparatur negara dalam memperingati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur.

Ada sebanyak 498 pahlawan itu terdiri dari TNI/Polri, Pegawai Sipil, Pejuang Rakyat, dan juga ada Pahlawan tak dikenal yang sudah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Kami yang saat itu hadir pada hari ini Rabu 17 Agustus 2022 pukul 00:00 WIB saat upacara dalam memperingati akan jasa-jasa para pahlawan TNI 324 orang, Pegawai Sipil 42 orang, Pejuang Rakyat 17 orang, Pahlawan tak dikenal 115 orang, dengan total jumlah 498 orang,” ujarnya.

Baca juga: Harga Bahan Olahan Karet (Bokar) Mengalami Penurunan Harga

Ia juga menjelaskan, bahwa yang saat ini dilakukan oleh para pahlawan itu merupakan bentuk dari keikhlasan dan juga pengorbanan dalam melakukan pengabdian terhadap kebahagiaan negara dan juga bangsa Indonesia.

Ia pun saat itu menyampaikan hormat sebesar-sebesarnya atas segala jasa yang sudah diberikan oleh seluruh pejuang kemerdekaan saat itu.

“Menyatakan rasa hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan juga kesucian dari pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan ini dalam bentuk pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,” jelasnya.

Dalam penyebutan ikrar tersebut, ia juga berjanji untuk akan terus melanjutkan perjuangan dari para pahlawan yang sudah gugur serta akan selalu mengabdikan diri dengan kebaktiannya penuh untuk negara.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami. Begitu pula dengan kebaktian yang saudara- saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” ucapnya.

Diakhir penyampaiannya, ia juga memberikan doa untuk setiap para pahlawan yang sudah gugur agar selalu mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya dan amal ibadahnya diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Kami saat ini berdo’a semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya,” tutupnya.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terbaru di Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here