Cara Branding Merek yang Kuat untuk Bisnis Kecil Anda

Berita Pekanbaru Terlengkap – Identitas merek atau branding Anda lebih dari sekadar logo yang Anda buat sekreatif mungkin. Ini lebih dari sekadar gaya, materi pemasaran, atau palet warna. Identitas merek Anda adalah puncak dari bagaimana merek Anda terlihat, terasa, dan berbicara kepada pelanggan. Ini mempengaruhi seluruh pengalaman pelanggan dan pada akhirnya mempengaruhi cara orang lain memandang kredibilitas dan bisnis Anda.

Dengan semua ini dipertaruhkan, branding dari bisnis kecil Anda tidak akan muncul secara ajaib dalam semalam. Ini membutuhkan waktu, penelitian, dan pemikiran yang mendalam, tetapi hasilnya pasti akan sepadan. Jadi dari mana Anda memulai?

1. Riset, Riset, dan Riset

Anda tidak dapat membuat branding yang sesuai dengan pelanggan Anda jika Anda tidak memahami pelanggan Anda sejak awal. Jadi, pertama-tama luangkan waktu untuk benar-benar belajar tentang audiens primer, sekunder, dan tersier Anda. Kembangkan orang-orang yang mendefinisikan suka dan tidak suka, hobi, dan nilai yang ingin mereka dapatkan.

Setelah Anda memiliki pemahaman mendalam tentang pelanggan Anda, lanjutkan ke penelitian kompetitif. Bagaimana perusahaan lain di industri Anda memposisikan diri dalam hal elemen visual, kepribadian, dan tema?

Dan terakhir, jangan lupa untuk mewawancarai orang-orang yang paling dekat dengan merek Anda saat ini: karyawan Anda. Mereka memiliki sudut pandang penting tentang bagaimana perusahaan harus digambarkan, dan apa yang berhasil dan tidak berhasil di masa lalu.

2. Buat Aset

Setelah fase penelitian selesai, hal menyenangkan berikutnya bisa dimulai. Saatnya menerjemahkan semua pembelajaran Anda sebelumnya ke dalam visual. Berikut daftar singkat aset dari sebuah merek secara umum:

  • Logo
  • Palet warna
  • Tipografi
  • Ikonografi
  • Fotografi dan grafis untuk kampanye pemasaran
  • Gaya yang menjelaskan penggunaan logo yang berbeda dari yang lain

Baca Juga: Power Tool Dasar dan Sangat Penting untuk Rumahan

Saat Anda membangun aset merek Anda, pikirkan tentang 3 C branding dan bagaimana mereka dapat membantu:

  • Clarity atau kejelasan: Adalah tugas Anda, bukan pelanggan Anda, untuk memahami pesan Anda. Jika mereka harus bekerja keras untuk menafsirkan sesuatu yang Anda buat, merek Anda belum cukup jelas.
  • Consistency atau konsistensi: Iklan Anda harus memiliki nada yang sama dengan website Anda, yang harus memiliki nada yang sama dengan akun Twitter Anda. Mengapa? Konsistensi dalam merek Anda menginspirasi kepercayaan diri dan kedisiplinan bisnis Anda.
  • Commitment atau komitmen: Kita pastinya ingin iklan kita menjadi viral. Dan jangan lupa bahwa branding yang hebat membutuhkan banyak waktu.

Pemasaran 3 C ini juga dapat membantu setelah Anda melangkah lebih dalam ke pembuatan aset khusus untuk campaign pemasaran.

3. Tentukan Kisah Merek Anda

Patenkan branding Anda dengan kisah dari merek bisnis Anda. Ini belum tentu cerita asal Anda, meskipun itu akan memiliki komponen mengapa Anda memulai bisnis Anda. Tujuan cerita merek Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apa yang dipercaya oleh merek Anda?
  • Apa poin solutif yang ditawarkan oleh produk atau layanan Anda?
  • Bagaimana bisnis Anda mengatasi masalah tersebut?
  • Mengapa Anda memutuskan bahwa bisnis Anda harus meringankan rasa sakit itu?

Saat Anda menyusun kisah merek Anda, ingatlah bahwa itu bukan hanya promosi yang Anda berikan kepada orang-orang ketika mereka bertanya apa bisnis Anda. Ini tentang bagaimana merek Anda berhubungan dengan orang-orang dan mengapa itu ada.

4. Ulangi dan Sempurnakan

Branding Anda dapat berubah seiring waktu, dan itu tidak masalah. Setelah Anda membuat branding awal Anda, analisis dan perbaiki berdasarkan umpan balik pelanggan. Uji strategi dan taktik baru untuk melihat mana yang paling berhasil.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita bisnis terlengkap yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here