Harga Bahan Olahan Karet (Bokar) Mengalami Penurunan Harga
Harga Bahan Olahan Karet (Bokar) Mengalami Penurunan Harga

Dang Merdu – Harga Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) baik yang ada di tingkat petani maupun di beberapa Unit pengolahan dan pemasaran bokar (UPPB) pada minggu yang ketiga Agustus 2022 ini, secara umum saat ini mengalami penurunan.

“Rata-rata harga dari bokar turun, tapi masih ada juga yang stagnan. Namun saat ini secara umum pada pekan ini mengalami penurunan harga,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Disbun Provinsi Riau, Defris Hatmaja, pada Selasa (16/8/2022).

Ia juga menguraikan bahwa saat ini untuk harga bokar/karet ditingkat petani/KUB Kabupaten Kampar yaitu sebesar Rp 11.400 per kg harga minggu ini, tidak ada mengalami kenaikan dan juga penurunan harga daripada harga minggu lalu atau harga minggu ini masih sama dengan harga minggu yang lalu atau tetap.

Kemudian, untuk tingkat petani/KUB yang ada di Kabupaten Rokan Hulu yakni sebesar Rp 9.809 kg harga pada minggu ini juga mengalami penurunan dari harga minggu yang lalu yakni sebesar Rp 241 per kg.

Lalu, di tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hilir saat ini dengan harga sebesar Rp 10.800 per kg dan harga pada minggu ini mengalami penurunan harga daripada harga minggu yang lalu sebesar Rp 400 per kg.

Baca juga: Paskibraka Provinsi Riau Siap Melakukan Pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera HUT RI Ke-77

“Sedangkankan untuk tingkat Apkarkusi yang ada di Kabupaten Kuansing yaitu harga bokar sebesar Rp. 11.451 per kg atau harga minggu ini juga mengalami penurunan harga dari harga yang minggu lalu yakni sebesar Rp 159 per kg,” jelasnya.

Begitu juga yang ada di ditingkat UPPB Kabupaten Indragiri Hulu yang saat ini mengalami penurunan harga dari pada harga minggu lalu yakni sebesar Rp 200 per kg menjadi Rp 10.000 per kg dan di tingkat kelompok tani getah tender Masjid Al-Ikhlas pembinaan Bumdes Desa Petani Kabupaten Bengkalis juga turun Rp601 per kg menjadi Rp 12.299 per kg.

Untuk harga bokar yang ada ditingkat pabrik atau Gapkindo KKK 100% untuk minggu ini sebesar Rp 21.500 per kg atau satgnan.

“Kami Disbun Riau juga selalu berupaya dan mendorong agar mutu dari karet petani Riau ini terus meningkat, yakni melalui upaya dalam memperkuat kelembagaan para petani karet untuk dapat bergabung ke dalam UPPB, sehingga mutu dari hasil karet rakyat ini menjadi bersih dan harga yang ada ditingkat petani bisa menjadi meningkat juga,” imbau Defris.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terkini di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here