Dang Merdu – Buat para fotografer pemula, mungkin dalam karir dan perjalanan fotografimu akan banyak berurusan dengan kamera DSLR. Namun, DSLR sekarang ini bukanlah satu-satunya tipe kamera yang harus kamu kuasai. kamu akan ketinggalan dari banyak orang, Bila kamu tidak turut menggarap mirrorless yang semakin populer. Berikut 5 cara menggunakan kamera mirrorless untuk para pemula bagi kamu yang belum familiar.

1. Kenali dulu perbedaannya
Yuk kenali dulu ciri-ciri yang membedakan kamera mirrorless, sebelum kita masuk ke tips menggunakan kamera mirrorless,
Pertama, kamu harus ingat bahwa kamera mirrorless tiadk mempunyai cermin di dalamnya. Ini berarti 2 hal: 1) tanpa di pantulkan cahaya akan langsung ditembakkan ke sensor, sehingga fokus lebih mudah; 2) ketika mengambil foto tidak ada lagi cermin bergerak yang menciptakan getaran.
Perbedaan yang kedua terletak pada viewfinder. Kebanyakan pengguna kamera mirrorless menggunakan viewfinder elektronik, artinya apa yang kamu lihat dari lensa, maka itulah hasil akhirnya.
Perbedaan utama yang terakhir yaitu terletak pada ukurannya. Biasanya kamera mirrorless memiliki ukuran kecil, mudah dibawa, dan digunakan pada kondisi ketika kamu mengambil foto secara diam-diam atau subtle.

2. Baterai yang kecil
Tips dalam menggunakan kamera mirrorless yang pertama dan yang perlu kamu ingat selalu adalah baterai. Karena ukurannya yang relatif lebih kecil dari DSLR, ukuran baterainya pun lebih kecil.
Tetapi, sensor yang gede, fokus yang tinggi, viewfinder elektronik ditambah stabilizer membuat kamera mirrorless memerlukan daya yang sangat besar.
Oleh sebab itu, salah besar jika kamu tidak membawa baterai cadangan. Jangan lupa untuk mengeluarkan baterai jika sedang tidak digunakan, serta gunakan juga kartu memori yang cepat agar menghemat baterai.

Baca Juga : Mana yang Lebih Baik, Mirrorless vs DSLR?

3. Menggunakan hand strap
Selanjutnya adalah keamanan hal yang perlu kamu perhatikan. Tips menggunakan kamera mirrorless ini sama pentingnya dengan baterai. Jika baterai habis atau kameramu rusak, maka semuanya akan sia-sia.
Biar tidak mudah jatuh gunakanlah mirrorless hand strap. Menggunakan hand strap akan memastikan kamera mirrorless kamu selalu berada di tangan, jadi bakal akan lebih aktif digunakan. Lagipula, menggunakan gantungan leher membuat pegal dan capek.

4. Tujuan memfoto
Satu hal yang perlu diketahui ketika mengambil gambar dari kamera mirrorless yaitu tujuannya. Kamera mirrorless lebih lambat dalam melakukan jepretan dan dalam memproses foto. Belum lagi kekurangannya dalam menangkap suatu objek yang bergerak.
Oleh karena itu, tidak dapat main langsung jepret-jepret cepat seperti yang biasa kamu lakukan dengan DSLR canggih. Nah, di sinilah kamu dituntut untuk lebih bersabar dan benar-benar menetapkan tujuan, perhatikan angle, pada saat yang tepat baru kemudian di jepret.

5. Practice! Tips menggunakan kamera mirrorless paling penting.
Tips ini berlaku untuk kamera apapun, Jika kamu belum terbiasa, maka akan terasa sulit dan membingungkan. Maka teruslah latihan, latihan, dan latihan.
Cobalah untuk meluangkan waktu yang banyak untuk bereksperimen. Bawa selalu kameramu ke mana-mana, coba dipahami bagaimana mirrorless-mu berinteraksi dengan berbagai macam objek dan latar.
Buat para pemula yang baru belajar, itulah beberapa cara menggunakan kamera mirrorless sederhana. Sebenarnya, masih banyak tips yang dapat kita pelajari, akan tetapi semuanya spesifik terhadap objek dan lensa yang digunakan.
Semoga tips-tips di atas dapat membantu! Dan jangan lupa menunggu tips menggunakan kamera mirrorless selanjutnya!

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here