Cara Ampuh Atasi Penyakit Endemik
Cara Ampuh Atasi Penyakit Endemik

Dang Merdu – Dalam proses penyebaran suatu penyakit, ada beberapa tingkatan yang akan dilalui. Bisa saja, penyakit endemik berkembang menjadi epidemik. Lalu jika penyebarannya meluas hingga ke seluruh dunia, kondisi ini akan menjadi pandemik.

 

Jika penanganan pandemik atau epidemik dilakukan dengan baik, kondisi tersebut bisa kembali menjadi penyakit endemik sebelum akhirnya hilang sama sekali. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

 

  • Endemik

Penyakit endemik adalah penyakit yang terus-menerus ada di suatu dearah tertentu dan tidak menyebar dengan cepat ke daerah lainnya. Penyakit endemik kemunculannya terjadi secara konstan dan bisa diprediksi.

 

Contoh penyakit endemik adalah malaria di Papua atau demam berdarah dengue yang dialami berbagai provinsi di Indonesia saat musim hujan tiba. Jumlah penderita penyakit endemik pun biasanya tidak akan terlalu jauh berbeda dari tahun ke tahun.

 

Saat jumlah penderita penyakit endemik jumlahnya meningkat di luar prediksi tapi kejadiannya masih bertahan di area yang sama, maka penyakit tersebut bisa dikategorikan sebagai hiperendemik.

 

  • Epidemik

Suatu penyakit dikatakan sebagai epidemik apabila sudah mewabah ke lebih dari satu area dengan tingkat penyebaran yang cepat dan sulit diprediksi.

 

Contoh penyakit epidemik adalah penyebaran penyakit Ebola di negara-negara Afrika Barat dan penyebaran virus Zika di negara-negara Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Bisa dilihat, bahwa penyebaran kedua penyakit ini “hanya” terjadi di negara-negara dalam satu wilayah atau teritori.

 

  • Pandemik

Pandemik adalah tingkat penyebaran penyakit yang paling tinggi. Suatu penyakit dikatakan pandemik apabila sudah menyebar secara cepat ke seluruh dunia dengan tingkat infeksi yang tinggi, seperti Covid-19.

 

Infeksi Covid-19 bukanlah penyakit pandemik yang pertama kali terjadi. Sebelum ini, dunia sudah melewati beberapa episode pandemik, seperti pandemik flu babi akibat virus H1N1 pada 2009. Kala itu, flu babi menginfeksi kurang lebih 1,4 miliar orang di seluruh dunia dan membuat ratusan ribu orang meninggal dunia.

 

Lalu pada tahun 1918-1920, dunia juga mengalami pandemik spanish flu yang diperkirakan menginfeksi 500 juta orang di seluruh dunia.

 

Sementara itu, salah satu pandemik terburuk yang pernah tercatat dalam sejarah adalah pandemik Black Plague atau yang sering juga disebut sebagai Black Death. Pandemik ini menewaskan lebih dari setengah populasi benua Eropa kala itu.

 

Baca juga : Sejarah Hari Veteran Nasional, 10 Agustus !

 

Cara mencegah penyakit endemik

 

Karena penyakit endemik umumnya mudah menyebar di tengah masyarakat, maka pencegahan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

 

Ada beberapa cara mencegah penyakit endemik yang dapat Anda lakukan, termasuk:

 

  1. Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah cara utama dalam mencegah datangnya berbagai macam penyakit endemik. Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan termasuk:

 

Praktikkan perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk mandi dan mengganti pakaian secara teratur.

Cuci tangan dengan baik dan benar. Gunakan sabun dan air hangat yang mengalir selama 20 detik. Jangan lupa segera keringkan tangan setelah dibersihkan

Gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% saat Anda tidak dapat menemukan air dan sabun.

Jangan menyentuh wajah dengan tangan, khususnya pada area mata, hidung dan mulut karena bisa jadi jalan masuk bakteri maupun virus ke tubuh.

Bersihkan permukaan benda di sekeliling Anda secara teratur dengan desinfektan, khususnya di ruangan yang kerap diisi banyak orang, baik sebelum atau setelah berkumpul.

Jangan berbagi pakai dengan orang lain barang-barang perawatan pribadi seperti kosmetik, handuk, sendok, gelas, sikat gigi, dan lain sebagainya.

 

  1. Dapatkan vaksin

Vaksinasi telah berperan penting dalam mencegah penyebaran berbagai penyakit endemik seperti hepatitis dan TBC. Konsultasikan dengan dokter mengenai jenis vaksinasi yang bisa didapatkan oleh Anda dan keluarga untuk mencegah tertular penyakit endemik di Indonesia.

 

  1. Jaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit endemik di Indonesia. Dengan daya tahan tubuh yang baik, risiko Anda terkena gejala penyakit yang berat juga berkurang. Anda bahkan jadi bisa lebih cepat sembuh jika memang pada akhirnya terinfeksi.

 

Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dan berfungsi dengan baik, Anda dalam melakukan hal-hal sebagai berikut:

 

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Rutin olahraga untuk meningkatkan kebugaran tubuh

Istirahat yang cukup karena saat tidur, tubuh akan memproduksi sitokin yang dapat membantu memerangi peradangan dan penyakit.

 

Baca Berita Nasional Lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here