Tim Kukerta UNRI Praktik Mengolah Sagu Menjadi Beragam Makanan Ringan
Tim Kukerta UNRI Praktik Mengolah Sagu Menjadi Beragam Makanan Ringan

Berita Pekanbaru Terlengkap – Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, saat ini sangat terkenal dengan potensi sagu yang sangat berlimpah. Produk dari olahan sagu ini juga menjadi salah satu di antara produk unggulan UMKM yang ada di Gerai Seroja Kelurahan Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti, Riau.

Gerai Seroja yang saat ini beralamatkan di Jalan Budaya, Gang Nurul Iman Selatpanjang Timur ini dikelola oleh Ibu Titik Sumiati semenjak 2012 yang lalu.

Adapun hasil dari olahan sagu dari UMKM Gerai Seroja antara lain yaitu kue semprong, semprong lipat, kue kembang goyang, kue bangkit, kerupuk sagu, cendol sagu, dan juga ada hasil olahan sagu lainnya. Sedangkan yang saat ini menjadi best seller dari UMKM ini adalah kue semprong.

Gerai Seroja ini merupakan yang dipilih oleh tim kuliah kerja nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) Kelompok Selatpanjang Timur 2022, dalam melaksanakan kunjungan dan praktik untuk pembuatan olahan sagu.

Saat praktik, mahasiswa kukerta yang saat ini berada di bawah bimbingan Ibu Yelly Zamaya, SE., M.E ini, di antaranya diajarkan langsung oleh Pemilik Gerai Seroja dalam mengolah sagu menjadi kue semprong sagu lipat, kembang goyang dan juga cendol sagu kering.

Baca juga: Persiapan Paskibraka Riau Saat ini Sudah 70 Persen Menjelang Jelang HUT RI ke-77

“Kunjungan ini sekaligus melakukan praktek ke Gerai Seroja pada 10 Agustus 2022 ini sangat menambah ilmu dan pengalaman yang baru bagi mahasiswa, khususnya saat ini dalam mengolah produk olahan yang berbahan dasar sagu,” kata Ketua Tim Kukerta Selatpanjang Timur 2022, Andri, pada Sabtu (13/8/2022).

Sementara itu, Pemilik dari Gerai Seroja, Titik juga sangat berharap semoga apa yang sudah ia ajarkan kepada para mahasiswa dari tim kukerta ini dapat menjadi bekal untuk usaha saat di masa depan.

“Apabila para mahasiswa ini ingin membuka usaha, khususnya yang berbahan dasar sagu, ini bisa menjadi ide. Tinggal kedepannya dikembangkan atau inovasi terbaru, baik dari packaging maupun labelnya agar menjadi lebih menarik,” kata Titik.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terlengkap di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here