4 Cara Menggunakan Dongkrak Pada Mobil Sedan Yang Baik dan Benar
4 Cara Menggunakan Dongkrak Pada Mobil Sedan Yang Baik dan Benar

Berita Pekanbaru – Bagi anda yang mempunyai mobil berjenis sedan, tentu harus tahu bagaimana cara mendongkrak mobil agar tak merusak sasis dan juga badan mobil anda. Lantas bagaimanakah cara mendongkrak mobil jenis sedan yang baik dan benar?

Bagaimana penggunaan dongkrak yang sesuai dengan standar sehingga tak menimbulkan sesutu yang membahayakan, oleh karena itu anda harus tahu bagaimana cara menggunakan dongkrak pada mobil sedan atau mobil tipe lainnya.

Berikut ini adalah tips bagaimana menggunakan dongkrak pada mobil sedan dengan baik dan benar:

1. Sebelum Digunakan Sebaiknya Periksalah Kondisi Dongkrak

Sebelum digunakan sebaiknya periksalah kondisi dongkrak mobil anda. Pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan komponen yang ada pada dongkrak dalam keadaan yang benar-benar baik.

Baca Juga : Beberapa Masalah Yang Sering Terjadi Pada Mobil Bermesin Diesel serta Solusinya

Perhatikan dengan baik apakah terdapat kebocoran oli atau bahkan terdapat beberapa komponen yang ada pada dongkrak yang hilang. Apabila dirasa ada masalah yang terjadi pada dongkrak, sebaiknya jangan gunakan dongkrak tersebut. Dimana keselamatan merupakah hal yang paling utama, jadi jangan pernah memaksakan penggunaan dongkrak dengan kondisi yang tidak baik.

2. Gunakan Dongkrak di Permukaan yang Rata

Pastikan pada saat anda menggunakan dongkrak, tempat atau posisi mobil anda diparkirkan berada pada tanah yang rata. Hindari mendongkrak mobil pada permukaan yang miring, dimana ketidak seimbangan tersebut akan dapat menyebabkan bahaya. Contohnya saja mobil dapat jatuh sewaktu-waktu.

3. Ketahui Titik Dongkrak Mobil yang Anda Gunakan

Umumnya, setiap mobil itu mempunyai titik dongkrak yang berbeda-beda, dimana hal tersebut telah ditentukan oleh dimensi atau desai dari tiap-tiap mobil atau bahkan berdasarkan dari konstruksi sasis yang digunakan.

Untuk mengetahuinya, anda dapat membuka buku manual mobil anda. Biasanya pihak pabrikan mobil akan menyediakan titik dongkrak pada sasis mobil yang paling kuat untuk mampu menopang bobot mobil tersebut.

Setiap mobil mempunyai empat titik dongkrak, dimana dua titik dongkrak tersebut ada pada bagian sasis di belakang roda depan mobil. Sementara untuk dua titik dongkrak lainnya yang ada pada bagian sasis di depan roda belakang mobil.

Biasanya titik dongkrak di bagian depan ada pada bagian bawah celah diantara spatbor depan dan pintu belakang mobil. Sedangkan pada bagian belakang yang berada di bawah antara pintu belakang dan juga sepatbor belakang. dari kedua posisi tersebut biasa digunakan untuk mobil yang menggunakan sasis rangka tangga atau monocoque.

4. Jangan Angkat Mobil Anda Terlalu Tinggi

Penggunaan dongkrak yang tidak tepat akan dapat menimbulkan resiko terjadinya kerusakan pada mobil anda atau bahkan cedera hingga kecelakaan yang lainnya. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan posisi mobil pada saat anda mulai menggunakan dongkrak.

Batas ketinggian dongkrak yang disarankan hanya sekitar 10 hingga 15 cm. Karena jika anda mendongkrak mobil sedan terlalu tinggi, otomatis posisi mobil sedan anda akan menjadi tidak seimbang. Sedangkan jika posisi mobil anda yang terlalu rendah, proses perbaikan mobil akan menjadi lebih sulit untuk dilakukan atau bahkan tak dapat dilakukan sama sekali.

Apabila dongkrak tersebut telah menyentuh titik tumpu, tariklah secara perlahan tuas dongkrak sampai mobil anda benar-benar terangkat pada posisi yang tepat dan juga sesuai. Apabila telah selesai, cara menurunkannya cukup dengan memutar kunci hidrolik dengan perlahan ke arah kiri.

Untuk informasi menarik lainnya seputar Berita Otomotif Terupdate patikan hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here