Meningkatnya Biaya Pangan & Bahan Bakar Pengaruhi Usaha Kecil

Berita Pekanbaru Terlengkap – Selama dua tahun terakhir, dunia telah mengalami perubahan akibat pandemi COVID-19, dampak perubahan iklim, dan, baru-baru ini, perang Rusia di Ukraina. Perubahan ini sangat berkontribusi pada meningkatnya biaya makanan dan bahan bakar di seluruh dunia.

International Monetary Fund (IMF) mencatat dua cara perang di Ukraina berdampak pada negara-negara adalah melalui kenaikan harga pangan dan harga minyak yang lebih tinggi. Sementara biaya bahan bakar yang lebih tinggi menguntungkan pengekspor minyak, harga makanan yang tinggi secara tidak proporsional merugikan rakyat miskin dan usaha kecil.

Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), kenaikan biaya pangan dan bahan bakar mempengaruhi kemampuan mereka untuk beroperasi dan tumbuh. Usaha kecil di Indonesia termasuk tulang punggung ekonomi, menyediakan banyak bidang pekerjaan di seluruh Indonesia dan merupakan pendorong penting pertumbuhan ekonomi.

Sementara perusahaan besar biasanya memiliki anggaran cadangan untuk menghadapi badai ini, usaha kecil umumnya memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki dana cadangan, sehingga kenaikan harga mempengaruhi operasi usaha mereka. Pandemi COVID-19 membantu mengungkap kerapuhan finansial banyak usaha kecil. Sekarang, ditambah dengan perang Rusia di Ukraina dan perubahan iklim, UMKM dipengaruhi oleh kenaikan harga bahan makanan dan bahan bakar, yang dapat menghambat upaya pemulihan mereka.

Kenaikan biaya bahan bakar dan makanan juga mempengaruhi daya beli konsumen dan pendapatan yang dapat dibelanjakan. Biaya yang meningkat menjadi masalah bagi usaha kecil karena sulit untuk memberikan harga tinggi kepada konsumen, yang dapat mempengaruhi kelangsungan usaha. Semakin kecil suatu bisnis, semakin rentan untuk melewati periode seperti sekarang.

Biaya tinggi juga mempengaruhi pemilik usaha kecil, yang sekarang harus menghabiskan lebih banyak untuk makanan bagi rumah tangga mereka sendiri. Sebagian besar pemilik usaha mikro dan kecil tidak termasuk dalam kelompok berpenghasilan tinggi. Tingginya bahan makanan berarti sebagian besar pendapatan bisnis masih kurang untuk dimasukkan kembali ke dalam bisnis.

Pendapatan usaha tersebut sangat diperlukan karena usaha kecil biasanya memenuhi kebutuhan arus kas dari tabungan atau keluarga mereka karena akses keuangan merupakan hambatan yang signifikan bagi mereka. Pengurangan pendapatan sekali pakai dari pemilik bisnis itu berarti lebih sedikit uang untuk diinvestasikan kembali ke dalam bisnis.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Speaker Bluetooth

Biaya Makanan Tinggi

Gangguan dari perang di Ukraina, bersama dengan efek perubahan iklim seperti kekeringan, telah membantu meningkatkan biaya pangan dan meningkatkan krisis pangan. Bank Dunia menyampaikan bahwa kenaikan harga pangan dapat mendorong tambahan jutaan orang di dunia ke dalam kemiskinan. Ini karena gangguan rantai pasokan makanan yang disebabkan oleh pandemi mempengaruhi biaya bahan makanan di seluruh negeri.

Harga Bahan Bakar Tinggi

Perang di Ukraina juga telah menyebabkan perdagangan minyak global berkurang drastis, membuat harga bahan bakar menjadi sangat mahal. Pemerintah Eropa memberlakukan embargo parsial pada minyak Rusia untuk mengutuk serangan Rusia ke Ukraina. Dampaknya adalah terbatasnya bahan bakar yang menyebabkan kenaikan harga bahan bakar dan pada akhirnya, kenaikan barang dan jasa. Setelah pengumuman embargo minyak Uni Eropa kemarin, harga satu barel minyak mentah mencapai $124,10 level tertinggi sejak Maret.

Tingginya harga bahan bakar dan kelangkaan bahan bakar berdampak pada biaya transportasi. Sebagian besar usaha mikro dan kecil bergantung pada transportasi untuk menggerakkan operasi usaha mereka dan mendapatkan pasokan untuk bisnis mereka dari pedagang grosir.

Biaya bahan bakar yang tinggi juga mempengaruhi usaha mikro dan kecil yang menggunakan generator dan membutuhkan bahan bakar untuk menggerakkan usaha bisnis mereka. Bahkan bagi pengusaha yang menyewakan ruang kerja bersama, kenaikan biaya bahan bakar (digunakan untuk pasokan listrik kantor) telah meningkatkan harga sewa bulanan.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita bisnis terlengkap yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here