Dang Merdu – Sehubungan dengan bagaimana cara merawat kamera mirrorless, pastinya anda sudah paham bahwa memotret merupakan salah satu hobi yang banyak diminati akhir-akhir ini. Selain mudah dalam pengambilan gambar, fotonya juga dapat diupload ke media sosial dengan mudah. Memotret dapat dilakukan dengan banyak cara, Anda dapat menggunkan handphone yang lebih ringkas atau dapat juga menggunakan kamera digital. Sekarang ini, di era perkembangan teknologi banyak terdapat jenis kamera digital yang ada di pasaran. Salah satunya yang lagi trend saat ini adalah jenis kamera mirrorless. Kamera mirroless ini menjadi kamera yang banyak dicari selain modelnya yang ringkas, kamera mirrorless ini juga dapat menghasilkan foto sekelas kamera DLSR. Jika Anda memiliki kamera digital seperti kamera mirrorless, Anda perhatikan dengan benar cara merawat kamera mirrorless tersebut. Merawat kamera mirrorless harus menggunakan peralatan khusus yang digunakan untuk membersihkan bagian-bagian dari kamera mirrorless tersebut.

Cara Merawat Kamera Mirrorless

Pertama, cara merawat kamera mirrorless ini anda harus mengetahui cleaning kit. Perangkat pembersih ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko kamera. Cleaning kit kamera ini harganya memang lumayan mahal karena terdiri dari seperangkat peralatan pembersih seperti kain halus pembersih kamera, blower, cairan pembersih, tissu, dan lain-lain. Anda dapat menggunakan cleaning kit untuk membersihkan bagian luar kamera dan juga bagian dalam kamera. Anda juga dapat menggunakan membersihkan cleaning kit untuk membersihkan lensa. Dengan anda melakukan cara merawat mirrorless dengan benar, maka anda akan dapat menjaga kebersihan kamera dari debu. Debu yang terlalu lama menempel pada kamera dapat menyebabkan timbulnya jamur yang dapat mengurangi fungsi kerja kamera mirroless tersebut. Kamera yang sudah ditumbuhi jamur dapat mengungurangi sensitivitas sensor kamera sehingga akan mengurangi kualitas foto yang dihasilkan.

Yang tidak kalah penting dalam merawat kamera mirrorless ini adalah pastikan bahwa kamera mirrorless anda harus dibawa dengan menggunakan tas khusus untuk kamera. Tas untuk kamera ini memilki pelindung yang terbuat dari busa yang berfungsi melindungi kamera dari goncangan. Tas ini memang dibuat khusus untuk kamera digital. Jika Anda ingin hunting menggunakan kamera mirrorless Anda harus menggunakan tas kamera ini agar kamera mirrorless terjaga dengan aman. Menggunakan tas biasa untuk membawa kamera mirrorless tidak mampu untuk melindungi kamera karena tidak memiliki sekat pelindung yang terbuat dari busa. Tas kamera ini memiliki berbagai ukuran yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. selain itu juga pastikan strap kamera terpasang dengan baik. Saat Anda memotret gantungkan strap kamera pada leher agar kamera tidak terlepas dari tangan Anda dan terjatuh. Disamping anda memiliki kamera mirrorless anda harus tahu cara menggunakannya, Anda juga harus tahu cara merawat kamera mirrorless tersebut dengan benar agar kamera Anda awet dan tidak mudah rusak.

Baca Juga : Tips Menjadi Fotografer Profesional yang Wajib Dipelajari

Anda bisa memasang pelindung layar, untuk melindungi LCD kamera mirroless tersebut. Fungsi dari pelindung layar ini dengan cara merawat kamera mirrorless adalah melindungi LCD kamera mirroless dari debu dan air sehingga layar LCD ini tetap bersih. Dengan menggunakan pelindung layar ini akan memudahkan Anda dalam membersihkan LCD kamera mirrorless. Anda cukup membersihkan LCD hanya dengan cara dilap menggunakan kain yang halus dan bersih. Adapun cara merawat kamirrorless dengan yaitu dengan cara memasang filter uv pada lensa kamera. Filter uv berfungsi untuk melindungi lensa dari debu dan air serta melindungi lensa dari efek buruk uv yang terkandung pada sinar matahari. Andapun harus dapat membersihkan filter uv ini secara teratur agar kebersihan lensa kamera tetap terjaga. Untuk membersihkan filter uv terlebih dahulu anda harus melepasnya dari lensa dan kemudian membersihkannya dengan menggunakan cleaning kit khusus untuk kamera.

Simpan kamera mirrorless tersebut pada dry box yang memiliki suhu ruangan sesuai dengan kamera mirrorless. Menyimpan kamera mirrorless merupakan cara merawat kamera mirrorless yang dapat melindungi kamera dari debu dan air dan bisa mengakibatkan kamera lembab. Jika Anda menyimpan kamera mirroless sembarangan maka akan mengakibatkan kamera lembab yang dapat menimbulkan tumbuhnya jamur. Jamur pada kamera dapat mengganggu kerja sensor kamera sehingga dapat mengurangi kualitas foto yang dihasilkan. Ukuran dry box sangat bervariasi, Anda dapat membelinya di toko kamera dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Memilki peralatan digital seperti kamera mirrorless selain Anda harus paham bagaimana cara menggunakannya dengan baik Anda juga harus tahu cara merawat kamera mirrorless tersebut dengan baik dan benar.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here