Tak Cukup Dengan Mencuci, Berikut 3 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Mobil Digunakan Untuk Perjalanan Jauh
Tak Cukup Dengan Mencuci, Berikut 3 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Mobil Digunakan Untuk Perjalanan Jauh

Berita Pekanbaru Terkini – Bagi anda para pemilik kendaraan yang telah menggunakan mobilnya untuk perjalanan yang cukup jauh bersama dengan keluarga tentu sangat disarankan untuk melakukan pengecekan kondisi mobil yang telah digunakan. Baik itu komponen mesin, AC hingga ke bagian kaki-kakinya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang nyatanya tak boleh dilewatkan seperti membersihkan bodi, ruang mesin hingga bagian kabinnya agar mobil kembali segar ketika digunakan kembali.

Ternyata hal tersebut adalah salah satu rutinitas yang wajib dilakukan apabila pemilik mobil usai menggunakan mobil untuk perjalanan yang cukup jauh. Sebab, berbagai jenis cuaca yang dihadapi saat dalam perjalanan mulai dari teriknya matahari hingga diguyur hujan yang cukup deras yang menyebabkan kotoran ikut menempel pada bagian bodi mobil.

Tujuan dari membersihkan bagian mobil merupakan tindakan yang preventif dari terjadinya masalah dikemudian harinya. Baik itu korosi pada bodi, bau tak sedap hingga ruang kabin yang berjamur.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Velg Sepeda Motor Yang Retak

Perjalanan tersebut tentu akan meninggalkan berbagai macam kotoran yang dapat menggangu sehingga mobil akan tampak menjadi lebih kusam dan tak nyaman untuk digunakan. Oleh karena itu, bersihkan mobil dengan efektif agar mobil menjadi bersih kembali sehingga sedap dipandang dan nyaman pada saat digunakan kembali.

Berikut ini ada beberapa tips khusus untuk membersihkan mobil kesayangan anda setelah digunakan untuk melakukan perjalanan yang jauh bersama keluarga.

Bersihkan Bagian Bodi Mobil

Sebelum anda mencuci, persiapkan terlebih dahulu bahan dan alat yang akan dibutuhkan seperti kain chamois, air bertekanan, kain mikrofiber, shampo mobil, cairan pembersih mobil beserta cairan perawatan mobil dan juga ember. Waktu mencuci idealnya itu pada pagi atau sore hari pada saat bodi mobil tidak begitu panas disebabkan paparan sinar matahari. Dan pastikan pula jika barang yang ada di dalam kabin sudah dikeluarkan agar proses pembersihannya pun menjadi lebih mudah.

Setelah semuanya sudah dipersiapkan, kemudian semprotkan semua bagian bodi mobil dengan menggunakan air bertekanan baik pada bagian kolong, atap hingga ke bagian komponen ban agar kotoran yang menempel pada bagian tersebut dapat terlepas. Jika semua bagian bodi sudah basah, kemudian berikan sampo mobil. Gunakan pula dengan bahan yang lembut untuk bagian bodi mobil lalu gunakan sikat untuk membersihkan sela-sela ban dan juga kolong mobil.

Jika dirasa suah bersih, bagian kaca dan bodi mobil diseka menggunakan kain chaois dengan merata. Pastikan pula area yang umumnya dapat menyimpan air seperti wiper, panel pintu, tutup tangki, foglamp dan grill agar tak terlewatkan untuk dibilas dan dibersihkan dengan maksimal dari sisa pencucian mobil.

Bersihkan Ruang Kabin

Membersihkan bagian dalam kabin umumnya dilakukan pada saat mobil selesai dicuci, yang mana pada bagian karpet pijakan kaki harus dikeluarkan dan dibersihkan. Hal tersebut guna untuk memastikan pasir atau sisa makanan yang terjatuh mudah untuk dibersihkan.

Untuk bagian interiornya juga dibersihkan menggunakan vacum cleaner. Seperti kotoran yang menempel pada bagian trim atau pelapis jok dapat dibersihkan menggunakan cairan pembersih interior atau bisa menggunakan air hangat supaya tak menimbulkan jamur dan bau yang tak sedap.

Jangan lupa untuk memeriksa bagian bagasi mobil, sebab setelah digunakan untuk perjalanan jauh bagian tersebut tak luput dari beragam barang bawaan. Baik itu bekal makanan dan juga minuman yang dapat menimbulkan remahan sisa makanan.

Bersihkan Ruang Mesin

Selain itu, bersihkan juga bagian ruang mesin. Untuk membersihkannya, sangat tidak disarankan dengan menggunakan air bertekanan. Sebab, berpotensi masuk hingga ke ruang pembakaran dan terjadinya kebocoran pada seal. Itulah mengapa sangat disarankan untuk membersihkannya menggunakan kuas agar dapat menjangkau bagian-bagian yang terdapat kotoran serta menggunakan lap kain mikrofiber yang basah sehingga dapat menarik kotoran seperti debu yang menempel.

Dapatkan informasi seputar Berita Otomotif Terkini lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here