Cara Memperbaiki Velg Sepeda Motor Yang Retak
Cara Memperbaiki Velg Sepeda Motor Yang Retak

Berita Pekanbaru – Pernahkah anda mengalami kejadian velg sepeda motor anda retak atau bahkan saat ini sedang mengalaminya. Memang, velg sepeda motor yang retak merupakan salah satu permasalahan yang mungkin sering dihadapi oleh para pemilik kendaraan. Akan tetapi, masih sedikit orang yang tahu bagaimana cara memperbaikinya. Sebagian orang justru lebih memilih untuk mengganti velg sepeda motor yang retak dengan velg yang baru. Padahal velg tersebut sebenarnya masih bisa diperbaiki dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengn biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli yang baru.

Retakan pada velg biasanya sering terjadi karena perjalanan yang jarak tempuhnya jauh atau karena hantaman yang begitu keras ketika sedang berkendara.

Tips memperbaiki velg motor yang retak

Hal yang harus anda lakukan untuk memperbaikinya pertama-tama sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis velg yang digunakan. Umumnya velg bawaan pabrik itu memiliki tekstur lebih keras berbeda dengan velg variasi yang memiliki tekstur lebih lunak, jadi velg variasi tersebut lah yang akan lebih mudah untuk ditangani.

Baca Juga : 8 Pilihan Mobil Low MPV Untuk Keluarga, Lengkap Dengan Spesifikasi dan Harganya Di Pekanbaru Agustus 2022

Untuk memperbaikinya dapat dilakukan pengepresan terlebih dahulu sehingga akan membuatnya menjadi lebih presisi. Kemudian anda dapat merapikan dengan menggunakan dempul atau lem untuk menutupi pori-pori retakan yang terbuka karena retakan tersebut. Yang terakhir dengan mengelas secara manual agar dapat tersambung kembali.

Dengan begitu, velg sepeda motor anda akan menjadi jauh lebih kuat ketika digunakan untuk berkendara. Akan tetapi, meskipun penampilan dari velg sudah cantik seperti baru lagi tetapi kekuatan dari velg yang retak tersebut tak akan bisa sekuat dulu lagi.

Tips menjaga kondisi velg motor

Velg yang kondisinya kurang baik akan dapat mempengaruhi kualitas berkendara ketika di jalan hingga bisa menyebabkan kecelakaan. Sehingga diperlukan perhatian yang lebih intensif guna memperpanjang usia pakai dari velg tersebut. Berikut ini ada beberapa cara yang tepat untuk menjaga kondisi velg sepeda motor anda.

1. Jaga kebersihan velg

Hal pertama yang harus kamu lakukan cukuplah mudah, karena anda hanya harus membersihkan velg motor secara rutin sehingga kondisinya tetap dalam keadaan yang baik. Dimana velg sepeda motor yang kotor dapat menyebabkan karatan. Terlebih pada saat musim hujan, karena air hujan yang mengandung asam dapat menempel pada komponen sepeda motor yang terbuat dari besi.

Apabila tak dibersihkan akan dapat memicu timbulnya karatan yang jauh lebih parah dan juga bisa mencapai pada bagian dalam velg sepeda motor.

2. Hindari jalan yang berlubang

Velg sepeda motor yang retak juga dapat disebabkan oleh benturan yang keras pada saat sedang berkendara. Benturan tersebut sering terjadi karena selalu melintasi jalanan yang berlubang. Terutama pada saat berkendara dengan kecepatan yang tinggi saat menghantam lubang sehingga retakan pada velg pun mungkin akan terjadi jauh lebih tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari berkendara di jalan yang berlubang. Dan bila terpaksa harus melintasinya, disarankan untuk mengurangi kecepatan berkendara anda sehingga menjadi jauh lebih aman.

3. Lakukan Penyetelan velg motor secara berkala

Terakhir dengan melakukan penyetelan velg motor, penyetelan secara berkala akan menjadi sangat berguna untuk menjadikan velg sepeda motor anda menjadi lebih nyaman. Penyetelan tersebut wajib anda lakukan untuk velg sepeda motor yang berjenis jari-jari tujuannya agar jari-jari tersebut kembali kokoh. Penyetelan tersebut dapat dilakukan setidaknya dalam kurun waktu 6 bulan sekali, karena memang tak harus dilakukan terlalu sering.

Jangan lewatkan informasi seputar Berita Otomotif Terupdate lainnya hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here