Bermodalkan USB, Mobil KIA dan Hyundai Banyak Dibobol Maling
Bermodalkan USB, Mobil KIA dan Hyundai Banyak Dibobol Maling

Berita Pekanbaru – Amerika Serikat baru-baru ini sedang di hebohkan dengan pencurian yang mengaitkan dengan mobil KIA dan Hyundai. Karena mobil dari kedua merek tersebut dianggap sangat mudah untuk dibobol hanya dengan menggunakan kabel USB saja. Dan bukan menjadi rahasia umum lagi, karena percobaan pencurian tersebut telah ramai diunggah di aplikasi media sosial TikTok dengan pemberian tagar #KIAChallenge. Terlihat dalam video tersebut jika aksi pencurian yang dilakukan itu sangatlah sederhana untuk membobol mobil-mobil buatan Korea Selatan tersebut.

Hanya dengan membuka bagian tombol Engine Star Stop atau lubang kunci mobil yang ada pada mobil Hyundai dan juga KIA. Setelah terbuka langsung menggunakan USB serta mencolokkan ke slot yang tersedia pada lubang kunci.

Baca juga : Honda Menangguhkan Pesanan Untuk 10 Model Akibat Adanya Virus Corona Varian Baru di Luar Negeri 

Dilansir dari Motor1 pada hari Jumat yang lalu tepatnya pada 5 Agustus 2022, jika mobil-mobil KIA dan juga Hyundai yang di jadikan target pencurian merupakan mobil KIA keluaran tahun 2015 keatas serta mobil-mobil Hyundai keluaran tahun 2015 ke atas. Meski tak dijelaskan mengapa terdapat slot USB pada bagian lubang kunci dan engine start stop tersebut. Dan diduga pula jika kendaraan yang terkena dampak tersebut merupakan mobil yang belum memiliki sistem keamanan mesin immobilizer. Sehingga memudahkan para pencuri untuk menyalakan mesin mobil tersebut tanpa harus menggunakan kunci utama mobil tersebut. Seperti yang dikatakan Automotive News, jika hal tersebut akan memungkinkan untuk mencolokkan kabel ke tempat tertentu untuk memulai pembangkit listrik tanpa diperlukan lagi kunci atau fob. Dari kelompok orang-orang yang menggunakan nama “Kia Boys” terebut di media sosial telah dilaporkan memposting video pencurian untuk model Hyundai dan juga KIA yang terkena dampak. Kemudian mereka memperlihatkan diri dengan bersenang-senang di kendaraan tersebut.

Bermodalkan USB, Mobil KIA dan Hyundai Banyak Dibobol Maling
Bermodalkan USB, Mobil KIA dan Hyundai Banyak Dibobol Maling

Dengan adanya kejadian tersebut, angka pencurian untuk mobil Hyundai dan KIA semakin meningkat drastis. Terlebih untuk wilayah Wisconsin dan Milwaukee pada tahun 2021 yang naik menjadi 2.644% dari tahun sebelumnya. Sejak bulan September 2021, polisi berhasil mengindikasikan jika 20 model yang terkena dampak pencurian setiap harinya. Akan tetapi tak hanya terjadi di kota tersebut saja, tetapi di tempat-tempat lainnya di seluruh negeri pun ikut melihat terkait laporan untuk model-model tersebut yang dicuri.

Dan saat ini, kendaraan KIA dan Hyundai baru telah mempunyai engin immobilizer yang artinya masalah yang terjadi tersebut tak akan mempengaruhi model tersebut. Hyundai Motor Amerika akhirnya menanggapi fenomena pencurian yang tengah marak itu terjadi. Dimana Hyundai Motor Amerika turut prihatin dengan terjadinya pencurian yang meningkat untuk mobil lokal. Baik kesejahteraan dan keselamatan dari pelanggan dan juga masyarakat merupakan prioritas bagi Hyundai Motor Amerika.

Kendaraan tersebut telah melampaui atau memenuhi Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Federal serta Immobilizer yang menjadi perlengkapan standar terhadap  semua jenis kendaraan Hyundai yang baru. Bagi seluruh pelanggan Hyundai yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait kendaraannya dapat menghubungi Pusat Bantuan Konsumen Hyundai.

Hal serupa juga juga turut disampaikan oleh KIA, dimana KIA sendiri meminta untuk para konsumen agar datang ke diler resmi untuk mendapatkan bantuan pengamanan terhadap kendaraannya. KIA pula memastikan jika mobil-mobil telah dilengkapi dengan teknologi keamanan dan immobilizer untuk produksi terbarunya yang telah dipasarkan untuk wilayah Amerika Serikat serta memenuhi standar dan ketentuan yang berlaku.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar Berita Otomotif Terupdate pastikan hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here