Dang Merdu – Webcam tentu bukan lagi produk yang asing, sebuah peranti keras yang letaknya disisi atas layar laptop yang berfungsi sebagai alat perekam video. Webcam ada 2 jenis built-in dan terpisah. Nah yang build-in ini biasanya memiliki kualitas yang kurang baik, terutama pada bagian resolusi.

Meskipun saat ini banyak pilihan webcam eksternal yang di jual dipasaran, terkadang orang malas membelinya dan hanya ingin memanfaatkan kamera DSLR atau mirrorless yang sudah mereka miliki

Kita dapat menikmati webcam dengan kualitas gambar yang lebih baik, dengan menggunakan kamera DSLR maupun kamera mirrorless. Sehingga kegiatan-kegiatan kita yang bersifat tatap muka secara digital dapat dilakukan secara lebih profesional seperti, video call, video conference, maupun live streaming.

Cara Menggunakan Kamera DSLR atau Mirrorless sebagai Webcam

Agar dapat berfungsi dengan baik memakai kamera DSLR sebagai webcam membutuhkan beberapa peralatan. Jika belum punya, saat ini sudah banyak kamera DSLR murah yang di jual dipasaran. Nah, untuk memulainya, inilah yang perlu dipersiapkan.

1. Kamera DSLR atau Mirrorless

Salah satu peralatan yang paling utama tentu saja sebuah kamera. Kamera DSLR yang dibutuhkan tidak harus kamera dengan harga yang mahal, yang penting kamera tersebut memenuhi beberapa kriteria seperti, terdapat slot hdmi, support perekaman video dan berada dalam kondisi yang baik. Kamera mirrorless yang murah juga sudah mudah ditemukan di pasaran.

2. Aplikasi Utility dari Software Kamera

Aplikasi ini mempunyai fungsi sebagai driver yang dapat menyambungkan antara kamera dengan komputer atau laptop. Sebagai contoh, kamera Canon memiliki sebuah perangkat lunak utility yang bernama EOS utility.

EOS utility ini berfungsi sebagai driver yang dapat menghubungkan kamera Canon dengan komputer. Melalui utility tersebut kita dapat mengatur ataupun memprogram kamera dengan aplikasi yang sudah terinstal di komputer.

3. HDMI Capture/Game Capture

HDMI capture ini berbentuk kotak dan terdapat 2 buah colokan antara kabel HDMI dan di teruskan oleh kabel USB yang dapat langsung disambungkan dengan komputer. Fungsi dari HDMI capture ini adalah untuk memaksimalkan resolusi dari perekaman dengan menggunakan kamera mirrorless atau pun DSLR.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara menggunakan kamera DSLR atau mirrorless sebagai webcam. Ada baiknya anda perlu juga belajar mengenai beberapa cara pengambilan gambar yang baik.

Meskipun kualitas dari sebuah gambar maupun video sudah baik, akan tetapi tanpa didukung dengan Teknik pengambilan gambar yang baik, maka hasil video akan menjadi kurang maksimal tampilannya.

Baca Juga : Pengertian Kamera Mirrorless dan Cara Kerja Kamera Mirrorless

Cara Melakukan Pengambilan Gambar

Teknik pengambilan gambar tidak harus berpatok pada kualitas kamera maupun alat yang mahal saja, baik kamera DSLR atau kamera mirrorless murah sudah cukup untuk memberikan hasil dengan kualitas gambar yang baik

Mengatur posisi kamera juga sangat penting untuk menciptakan konsep video yang diinginkan. Saat ini video kegiatan sehari-hari dapat menjadi bahan yang sangat menarik untuk direkam dan dibagikan dibeberapa platform video seperti Youtube ataupun yang lainnya.

1. Pengambilan Gambar untuk Podcast

Konsep acara podcast adalah suatu kegiatan mengobrol yang terdiri dari 2-3 orang atau bahkan lebih, yang biasanya membahas kehidupan sehari-hari, hobi, hingga isu-isu politik dan sosial. Awalnya podcast itu hanya berupa rekaman suara saja, tapi makin kesini, konsep video podcast tersebut mulai populer, seperti channel Deddy Corbuzier.

Konsep podcast sebenarnya hampir sama dengan bincang-bincang di radio, dimana di konsep tersebut terdapat satu orang pembawa acara yang mewawancarai beberapa narasumber didalam studio, dimana mereka berbicara langsung didepan microphone dan earphone ditelinga mereka.

Pengambilan gambar yang baik dalam acara ini yaitu dengan menggunakan Teknik eye angel (sudut mata) yang ditempatkan disamping talent atau model yang saling berhadap-hadapan. Teknik eye angel ini akan memperlihatkan seorang talent sejajar dengan posisi penonton sehingga penonton merasa seperti melihat acara tersebut secara langsung.

2. Pengambilan Gambar Unboxing

Konsep video unboxing adalah konsep dengan membuka sebuah barang yang baru saja dibeli, yang bertujuan untuk memberikan referensi kepada penonton tentang sebuah produk tersebut. Pembuat video biasanya akan menggunakan bahasa yang non formal sehingga mudah untuk dipahami.

Teknik high angel (sudut tinggi) adalah Teknik pengambilan gambar dalam video unboxing yang paling tepat. Letakkan kamera sejajar dengan posisi duduk atau bahkan lebih tinggi, lalu arahkan kebawah hingga hanya tangan saja yang terlihat dalam frame kamera

Teknik ini bertujuan agar penonton dapat melihat dengan jelas isi dari barang atau kotak tersebut yang sedang dibuka, dan juga sekaligus menimbulkan efek kepada penonton seperti layaknya merekalah yang membuka secara langsung.

3. Pengambilan Gambar Conference
Sejak wabah pandemi Covid 19 meluas kegiatan web conference atau biasa disebut dengan seminar online atau diskusi-diskusi online lainnya, sedang ramai dilakukan dimasa sekarang ini,.

Meskipun conference/seminar ini bersifat online, ada baiknya juag kita memperhatikan segala persiapan, termasuk bagaimana teknik pengambilan gambar yang baik. Teknik pengambilan gambar yang baik dalam acara web conference yaitu dengan menggunakan Teknik eye angel (sudut mata).

Teknik eye angel ini memungkinkan sudut gambar langsung menghadap ke tubuh kita, sehingga dapat menghasilkan gambar setengah badan. Dapat ditambahkan juga property seperti meja agar terlihat profesional. Dan teknik ini akan memberikan kesan formal pada sesi web conference.

Keuntungan Memakai Kamera DSLR atau Mirrorless Sebagai Webcam

Dengan menggunakan kamera DLSR atau mirrorless kegiatan video call kini bisa dilakukan dengan kualitas gambar yang lebih baik. Pengguna juga dapat melihat perbedaan kualitas gambarnya melalui ketajaman video yang beresolusi tinggi. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan kamera DSLR atau mirrorless sebagai webcam.

1. Kualitas Gambar Lebih Bagus
Pada umumnya kamera DSLR dan mirrorless menggunakan sensor yang lebih baik daripada kamera webcam. Hal ini disebabkan karena kamera DSLR memang didesain untuk melakukan pemotretan ataupun perekaman gambar secara professional. Sehingga gambar yang akan dihasilkan memiliki kualitas yang lebih bagus dari camera webcam.

2. Multifungsi
Keunggulan lainnya dari kamera DSLR dan mirrorless Salah satu adalah multifungsi. Kamera DSLR menggunakan beberapa kabel untuk menyambungkan dirinya ke komputer, sehingga ketika melakukan perekaman kita akan mendapatkan lebih banyak opsi angle.

Selain itu secara fleksibel kamera DSLR dan mirrorless juga dapat dilepas dan dibawa kemana pun. Ini bahkan lebih baik dari kamera webcam eksternal yang juga dapat dipindah-pindah, namun dengan gerakan yang terbatas.

Kesimpulan
Nah, itu lah keuntungan dari menggunakan kamera DSLR dan mirrorless sebagai kamera webcam, dan semoga beberapa tips yang tealh kami berikan bisa bermanfaat. Kualitas gambar bagus yang dipadukan dengan Teknik pengambilan gambar yang baik akan membuat video menjadi lebih menarik dan enak untuk ditonton. Selamat mencoba!

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here