Dang Merdu – Saat berbicara mengenai kamera maka satu hal yang datang terlintas di benak Anda adalah alat penunjang untuk foto yang bagus. seperti yang sudah diketahui bersama kamera berfungsi sebagai alat untuk mengambil beberapa gambar. Sampai saat ini ada macam-macam merk dan jenis kamera yang memiliki karakteristiknya masing-masing, misalnya saja kamera mirrorless.

Apakah itu kamera mirrorless dan bagaimana cara kerja kamera mirrorless tersebut? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut pada kesempatan ini kami akan memaparkan tentang apa itu kamera mirrorless dan bagaimana cara kerja kamera mirrorless tersebut.

Pengertian Kamera Mirrorless

Sebutan mirrorless atau mirrorless secara bahasa berarti tanpa kaca. hal ini selaras dengan kamera mirrorless yang benar-benar tidak menggunakan cermin mekanik untuk menangkap gambar. Sehingga kamera mirrorless disebut juga kamera yang lensanya dapat diganti biasa sering disebut Mirrorless Interchangeable Camera (MILC). Kamera mirrorless disebut juga kamera saku karena bila dilihat dari bentuknya yang ramping dan tidak memakan banyak tempat. Kamera mirrorless memiliki bodi yang berbeda dengan DSLR (Digital Single Lens Reflect).

Bentuk ramping yang dimilili kamera mirrorless tersebut dikarenakan tidak adanya cermin mekanik yang biasanya digunakan untuk mengalihkan tampilan yang muncul. Kelebihan yang dimiliki oleh kamera mirrorless tersebut adalah didukung oleh banyak lensa sehingga menawarkan sebuah pilihan untuk view optic finder, sehingga kamera mirrorless tersebut seringkali disebut dengan mirrorless DSLR.

Kamera morroless ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 2008 dan perlahan-lahan terkenal sejak tahun 2011. Oleh karena manfaat dan kegunaan jenis kamera mirrorless ini seringkali menarik perhatian para pecinta fotografi pemula untuk mengambil objek dan beralih dari kamera point ke kamera shoot. Disamping itu, kamera mirrorless juga menawarkan biaya yang sangat terjangkau, meski tersedia pula fitur lanjutan hybrid. Kamera mirrorless juga menawarkan fitur high end dan hybrid yang dapat digunakan untuk meningkatkan ukuran sensor. Dengan beberapa fitur yang dimiliki oleh kamera mirrorless dapat diharapkan memberi efek yang besar layaknya kamera DSLR.

Cara Kerja Kamera Mirrorless

Langkah selanjutnya yang juga harus dipahami yaitu cara kerja kamera mirrorless itu sendiri, Jika Anda sudah mengetahui apa itu kamera mirrorless.

Sebenarnya hampir sama cara kerja kamera tanpa cermin mekanik yang satu ini dengan DSLR, bedanya hanya ada tidaknya cermin di kamera tersebut. Mirrorless tidak memiliki jendela bidik optic karena tidak memiliki cermin mekanik. Oleh karena itu, proses pengambilan gambar menggunakan kamera mirrorless dilakukan lewat layar LCD atau EVF (electronic viewfinder) yang biasa disebut jendela bidik elektrik.

Jendela bidik elektrik maupun LCD memiliki manfaat yang sama yaitu sama-sama menyalurkan gambar lewat sensor yang selalu aktif. EVF atau electronic viewfinder pada kamera mirrorless akan terlihat tampak gelap jika Anda tidak mengaktifkan kameranya, tentu saja hal ini berbeda dengan DSLR. Tanpa melalui cermin sistem yang dimiliki oleh EVF dapat mengaktifkan sensor

Selain itu, cara kerja kamera mirrorless yaitu dengan mengandalkan teknik contrast detect lewat suatu objek dalam sensor. Meskipun kecepatannya masih lemah kamera yang satu ini memiliki auto fokus yang akurat. Lamanya kamera mirrorless untuk autofocus dikarenakan harus melewati metode phase detect, dimana metode ini mampu mendeteksi jarak objek dan mengarahkannya langsung ke jarak yang tepat melalui motor focus.

Karena cara kerja kamera ini lebih kepada kualitas gambar dari pada jumlah resolusinya sehigga gambar yang dihasilkan oleh kamera mirrorless tentu lebih baik. Kamera mirroless ini dapat meminimalisir guncangan pada kamera karena Kamera mirrorless juga memiliki sensor kamera yang lebih kecil.

Baca Juga : 3 Cara Cek Shutter Count Fujifilm

Kelebihan Kamera Mirrorless

Cara kerja kamera mirroless ini tidak begitu piawai meski dapat meminimalisir resiko guncangan namun untuk memotret objek yang bergerak. Tetapi kamera mirrorless adalah kamera yang tepat untuk mengambil objek yang diam. Karena ukuran kamera mirrorless mungil sehingga bisa diperoleh dengan harga terjangkau. Disamping itu, kamera mirroless yang satu ini juga mudah sekali untuk dibawa kemana-mana dari pada kamera DSLR.

Kekurangan Kamera Mirrorless
Kamera mirrorless yang memiliki berbagai kelebihan dan juga pasti memiliki kekurangan. Seperti yang telah disebutkan bahwa sistem autofocus kamera mirrorless agak sedikit lamban. Karena cara kerja kamera mirrorless adalah mengunci focus target sehingga sulit untuk memotret objek bergerak. Apalagi jika kamera mirrorless digunakan dalam keadaan yang sedikit cahayanya maka kerja kamera mirroless juga akan kurang optimal.

Selain bentuknya kecil kamera mirroless ini memiliki daya baterai yang minim. Sehingga saat digunakan baterainya akan lebih cepat terkuras.

Jika menyimak dari awal hingga akhir ulasan di atas, tentunya sudah dapat memahami mengenai pengertian dan cara kerja kamera mirrorless sebagai alat fotografi. Selain itu, Anda juga menjadi lebih dapat mengenal karakter kamera mirrorless yang kecil-kecil cabe rawit. Dengan ukurannya yang kecil dan sangat praktis sangat cocok untuk dipakai saat travelling. Terlepas dari kekurangan kamera mirrorless itu, semua tergantung pada pemakainya. Jadi Anda harus lebih dulu mengetahui tentang kamera mirrorless tersbut, sehingga setiap momen dapat diabadikan dengan baik.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here