Covid-19 Masih ada, Wajib Waspada !
Covid-19 Masih ada, Wajib Waspada !

Dang Merdu –  Sudah memasuki bulan Agustus namun nayatanya penyebaran virus corona belum sepenuhnya tuntas di Indonesia. Saat ini di Indonesia sudah bertambah lagi 6.527 orang yang terjangkit virus corona.

 

Dari sejumlah kasus yang ada penyebaran Covid-19 ini terbanyak berasal dari Jawa dan Bali. Untuk daerah yang selalu menyumbang kasus Covid-19 setiap hari adalah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

 

Kasus Covid-19 di Indonesia terus menanjak usai melandai di awal pekan. Jumlah pasien baru corona hari ini bertambah 6.527 orang pada Kamis  naik 5,8% dari Rabu yakni 6.167 orang. Mayoritas kasus berasal dari Pulau Jawa dan Bali. Kedua pulau tersebut menyumbangkan 5.947 atau 91,1% pasien baru Covid-19 hari ini.

 

Pasien di DKI bertambah 11,% dari kemarin yakni 2.532 orang. Di bawahnya adalah Jawa Barat dengan 1.436 kasus dan Banten dengan 861 pasien baru.

 

Berikutnya adalah Bali yang melaporkan 197 kasus baru. Sedangkan Jawa Tengah serta DI Yogyakarta melaporkan 93 serta 64 kasus baru. Advertisement Kasus positif secara nasional hari ini didapatkan dari pemeriksaan terhadap 60.935 orang. Sedangkan rasio positif corona yang diperoleh mencapai 10,7%.

 

Pemerintah melaporkan kasus kematian bertambah 14 orang hari ini. Terbanyak berasal dari Jawa Timur yang melaporkan tiga pasien meninggal dunia. Sedangkan kasus sembuh bertambah 6.664 orang. Penyumbang terbanyaknya adalah DKI Jakarta yang melaporkan 4.000 pasien telah dinyatakan negatif Covid-19.

 

Adapun kasus aktif corona berkurang 151 menjadi 50.706 orang. Selain itu ada pula 7.222 orang yang saat ini berstatus suspek virus corona. Kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia juga tengah mengalami tren peningkatan. Epidemiolog pun menilai kondisi tersebut menujukkan kegagalan dalam mendeteksi kasus corona.

 

Baca juga : Cara Mudah Mengetahui E- Tilang

 

Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman mengatakan terciptanya imun terhadap Covid-19 dapat membuat banyak orang terinfeksi virus corona tanpa merasa gejalanya. Namun, infeksi itu berpotensi terus menyebar hingga menulari kelompok rentan, seperti lansia dan orang dengan komorbid.

 

Pemerintah terus menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga dan menerapkan protokol kesehatan 5 M yakni :

 

  1. Mencuci Tangan

 

Rutin mencuci tangan hingga bersih adalah salah satu protokol kesehatan yang cukup efektif untuk mencegah penularan COVID-19. Untuk hasil yang maksimal, cucilah tangan setidaknya selama 20 detik secara berkala.

 

  1. Memakai Masker

 

Beberapa waktu selang kebijakan WHO di atas, WHO akhirnya mengeluarkan imbauan agar semua orang (baik yang sehat atau sakit) agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

 

  1. Menjaga Jarak

 

Protokol kesehatan lainnya yang perlu dipatuhi adalah menjaga jarak. Protokol kesehatan ini dimuat dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI dalam “Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.”

 

  1. Menjauhi Kerumunan

 

Selain tiga hal di atas, menjauhi kerumunan merupakan protokol kesehatan yang juga harus dilakukan. Menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), masyarakat diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Ingat, semakin banyak dan sering kamu bertemu orang, maka kemungkinan terinfeksi virus corona pun semakin tinggi.

 

  1. Mengurangi Mobilitas

 

Virus corona penyebab COVID-19 bisa berada di mana saja. Jadi, semakin banyak dirimu menghabiskan waktu di luar rumah, maka semakin tinggi pula terpapar virus jahat ini. Oleh sebab itu, bila tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah.

 

Baca juga Berita Nasional lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here