4 Dampak Buruk Jika Sepeda Motor Anda Sering Kehabisan Bensin
4 Dampak Buruk Jika Sepeda Motor Anda Sering Kehabisan Bensin

Berita Pekanbaru – Bensin atau bahan bakar merupakan hal yang sangat dibutuhkan baik itu mobil atau sepeda motor agar dapat digunakan. Sebab, jika tak adanya bahan bakar pada tangki bensin, semua kendaraan tersebut tak akan dapat berfungsi. Agar sepeda motor anda dapat digunakan tentunya harus terisi dengan bahan bakar yang cukup.

Meski demikian, ada saja beberapa orang yang terkadang lupa atau malas untuk mengisi bahan bakar hingga kondisi tangki sepeda motor hingga benar-benar kering.

Dampak Buruknya Jika Sepeda Motor Sering Kehabisan Bensin

Bukan merupakan kebiasaan yang baik membiarkan kendaraan anda tanpa terisi bahan bakar. Jika hanya sesekali mungkin tak akan terlalu dapat dirasakan, tapi jika sering kali kehabisan bensin tentu akan memberikan efek yang buruk untuk sepeda motor kesayangan anda.

Baca juga : Pemilik Mobil Harus Tahu, Berapa Batas Toleransi Yang Diperbolehkan Untuk Penggantian Oli Mesin Mobil

Berikut ini merupakan beberapa dampak buruk jika anda sering membiarkan tangki sepeda motor anda tak terisi bahan bakar.

1. Tangki Motor Bisa Berkarat

Jika tangki motor anda sering kehabisan bahan bakar dapat memberikan dampak yang buruk. Karena, jika tangki bensinnya sering kosong atau kering akan membuat permukaan nya menjadi mudah berkarat.

Cara mengatasinya, sangat disarankan untuk mengisi tangki sepeda motor anda dengan bahan bakar yang penuh atau cukup untuk merendam tangki motor tersebut.

2. Terdapat Endapan Kotoran Di Bahan Bakar

Apabila tangki sepeda motor anda sudah karatan, lama-kelamaan karat tersebut dapat mengendap kemudian dapat mengotori bahan bakar. Apabila hal tersebut telah terjadi, disarankan untuk segera menguras tangki bahan bakar terlebih dahulu. Hal tersebut juga dapat terjadi pada sepeda motor yang lama tak digunakan.

Untuk kenyamanan anda juga dapat melakukan pengurasan tangki tersebut di bengkel resmi. Tujuan dari pengurasan tangki tersebut agar bahan bakar yang diisi berikutnya tak ikut terkontaminasi dengan kotoran atau karat yang ada sebelumnya.

3. Terjadi Masalah Hingga ke Karburator Atau Injektor

Akibat kebiasaan tersebut dapat menimbulkan masalah pada motor anda yang cukup serius. Apabila fuel pump sudah terganggu disebabkan karat dan kotoran, hal tersebut dapat menyebar hingga mengganggu kinerja karburator atau injektor motor. Padahal kedua komponen tersebut merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pembakaran bahan bakar pada sepeda motor. Apabila bagian tersebut terganggu kinerjanya, jika komponen ini rusak maka akan membuatnya sulit menyalurkan dan mencampur bahan bakar dengan udara.

4. Fuel Pump Dapat Terganggu

Apabila endapan karat serta kotoran yang ada di dalam tangki motor tak segera diatasi tentu akan menjai terganggunya fungsi fuel pump sepeda motor anda. Sehingga sistem distribusi bahan bakar dari tangki sepeda motor ke mesin akan jadi bermasalah. Sehingga dapat membuat sepeda motor anda jadi mogok hingga tak dapat dinyalakan.

Itulah beberapa akibat yang dapat ditimbulkan jika anda sering membiarkan tangki bahan bakar sepeda motor anda kosong. Ada banyak penyebab tangki sepeda motor kering dari bahan bakar. Seperti, kesibukan sehari-hari yang membuat anda lupa jika tangki bahan bakar sedang kosong. Atau bahkan dikarenakan malas mengantri bahan bakar di SPBU yang antriannya cukup panjang sehingga menunda-nunda pengisian bahan bakarnya.

Meski demikian, dengan membiarkan tangki sepeda motor anda sering kosong bukanlah merupakan kebiasaan yang baik. Pastikan anda terus melakukan pengecekan kondisi bahan bakarnya agar tangki sepeda motor anda terbebas dari endapan karat dan juga kotoran.

Jangan lewatkan informasi menarik seputar Berita Otomotif Terkini lainnya pastikan hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here