Pemilik Mobil Harus Tahu, Berapa Batas Toleransi Yang Diperbolehkan Untuk Penggantian Oli Mesin Mobil
Pemilik Mobil Harus Tahu, Berapa Batas Toleransi Yang Diperbolehkan Untuk Penggantian Oli Mesin Mobil

Berita Pekanbaru – Oli mesin mobil harus diganti secara rutin, terlebih jika mobil tersebut selalu digunakan dan sering dibawa untuk menempuh jarak yang jauh atau bahkan sering terjebak macet. Sehingga interval penggantian oli harus lebih sering dilakukan.

Bagi anda yang mobilnya lebih sering terparkir digarasi sehingga jadwal penggantian oli mesin mobil pun bisa terlupakan. Timbul pertanyaan, berapakah batas toleransi untuk keterlambatan penggantian oli mobil?

Hal tersebut sering dipertanyakan oleh para pemilik mobil, dimana tak semua pemilik kendaraan mengingat kapan jadwal yang harus ditepati untuk penggantian oli mesin mobilnya

Baca juga : Adanya Malfungsi di Bearing Roda Depan, Yamaha Indonesia Melakukan Recall WR155R

Batas Toleransi Keterlambatan Penggantian Oli Mobil

Ternyata, keterlambatan penggantian oli mobil itu kerap kali terjadi disebabkan pemilik mobil lupa. Bahkan, ada juga pemilik mobil yang tak tahu jika ada batasan untuk sistem kerja oli.

Apabila hal tersebut sudah terjadi, disarankan agar anda lebih memperhatikan lagi kondisi mobil yang selalu digunakan untuk beraktifitas sehari-hari.

Untuk mengetahui apakah oli mesin mobil anda sudah dapat diganti atau belum, caranya dengan mengecek spidometer. Di dalam spidometer setiap mobil ada jarak tempuh yang sudah dilalui.

Apabila sudah menyentuh angka 10.000 km, berarti sudah waktunya untuk mengganti oli mesin mobil anda. Lantas, bagaimana jika mobil tersebut jarang digunakan?

Pada saat kondisi seperti ini, tentu ada aturan untuk batasan toleransi penggantian oli mobil. Umumnya batasan toleransi tersebut adalah enam bulan untuk mobil yang memang jarang digunakan. Sehingga jangan hanya menggunakan angka total pada jarak tempuhnya saja tetapi juga harus dilihat berdasarkan kondisi tertentu pula.

Penting Oli Mobil Untuk Kondisi Mesin Mobil

Terdapat beberapa fungsi dari betapa pentingnya kondisi oli mobil yang prima pada sebuah mesin mobil, seperti:

  • Oli mobil yang diganti secara rutin bisa membantu anda untuk menghemat penggunaan bahan bakar mobil, sebab mesin akan bekerja dengan baik serta lebih ringan.
  • Oli mobil sangat penting dalam menjaga suhu mesin, apabila suhu mesin mobil tidak terjaga maka beresiko terjadinya overheat serta timbulnya masalah yang baru lagi. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harus mengganti oli mesin secara berkala dan teratur. Karena energi yang dihasilkan oleh mesin mobil akan menjadi lebih sedikit dikarenakan sistem kerjanya yang cukup ringan, hal tersebut dapat dikatakan tidak langsung dapat menghemat penggunaan bahan bakarnya.
  • Oli mobil dapat membuat komponen yang ada di dalamnya menjadi lebih awet. Mengapa demikian? Karena seluruh bagian tersebut terlumasi oli dengan baik. Sehingga, meski tiap komponen tersebut sering bergesekan akan tetapi kondisinya akan tetap awet.

Mobil yang dirawat dengan baik, tentu akan memiliki harga jual yang baik pula. Terlebih lagi jika sudah sering dilakukannya penggantian oli mobil secara rutin. Berbeda dengan mobil yang jarang dilakukan penggantian oli mobil, baik dari suara maupun tarikannya saat digunakan tentu akan dapat dirasakan.

Dengan rutin melakukan penggantian oli mobil, tentu semakin bagus pula kondisi mesin mobil anda. Sehingga harga jual kembali untuk mobil tersebut juga lebih baik pula.

Fungsi penting lainnya dari rutin mengganti oli mobil salah satunya ialah melindungi mesin dari karat. Biasanya, karat pada mesin dapat muncul disebabkan gesekan yang terjadi antara komponen. Dengan kondisi oli yang rutin diganti sesuai jadwalnya, tentunya akan mengurangi resiko tersebut.

Untuk informasi menarik seputar Berita Otomotif Terupdate lainnya pastikan hanya di laman Dangmerdu.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here