Sekdako Pekanbaru Ikut Cicipi Makanan Peserta Festival Pangan Lokal
Sekdako Pekanbaru Ikut Cicipi Makanan Peserta Festival Pangan Lokal

Berita Pekanbaru Terkini – Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil kemarin ikut mencicipi makanan dari peserta Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) bertempat di halaman eks Kantor Dinas Ketahanan Pangan (sekarang Kantor PMI Pekanbaru), pada Kamis (4/8/2022). Festival ini juga diharapkan agar dapat menumbuhkan inovasi dalam membuat olahan pangan yang menarik, dengan cita rasa tinggi, dan bernilai gizi yang baik.

Sekdako Pekanbaru M. Jamil dalam pidatonya juga menyampaikan, bahwa Festival Pangan Lokal ini digelar dalam rangka upaya dalam peningkatan persediaan dan konsumsi pangan yang B2SA. Pangan B2SA ini adalah bentuk upaya dalam mewujudkan sumber daya manusia dengan ciri yang sehat aktif dan produktif.

“Hal ini juga untuk mencegah kasus stunting sejak ibu hamil. Stunting atau perlambatan pertumbuhan pada anak ini dilakukan dengan upaya pemenuhan gizi,” ujarnya.

Penyediaan dari menu makanan yang saat ini beragam sangat dibutuhkan bagi gizi anak. Agar, bisa menghasilkan sumber manusia yang cerdas dan sehat dapat terbentuk di tengah banjirnya produk pangan siap saji dan saat ini sangat mudah diperoleh. Apalagi, Pekanbaru yang bukan daerah produksi pangan, terutama beras sebagai makanan pokok.

Pangan yang saat ini beragam dengan gizi seimbang sangat diperlukan dalam keluarga. Penyajian dari menu juga tak luput dari estetika agar penampilannya lebih menarik dan dapat menggugah selera. Sehingga, orang lain ingin mencicipinya.

Baca juga: Pemerintah Berupaya Genjot SDM Perkebunan Kelapa Sawit Tangguh di Riau Dengan Mengadakan Pelatihan

Dalam kesempatan yang sama juga, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru Alek Kurniawan mengatakan, Festival Pangan Lokal ini juga diharapkan dapat menumbuhkan inovasi dari olahan pangan dalam membuat olahan pangan yang sangat menarik, cita rasa yang tinggi, dan bernilai gizi baik. Olahan pangan yang ada saat ini dapat dijadikan tambahan dari kreasi menu bagi ibu hamil untuk pencegahan stunting dan peningkatan ekonomi keluarga.

“Festival ini juga bertujuan untuk mendorong pemerataan dari konsumsi pangan yang sangat beragam, bergizi seimbang, dan aman dengan memanfaatkan olahan pangan lokal. Festival ini juga dapat mengembangkan menu alternatif bagi ibu hamil demi melakukan pencegahan stunting dengan berbasis sumber daya pangan lokal,” ungkapnya.

Di samping itu juga, Festival Pangan Lokal ini dapat mendorong kreativitas dan inovasi serta pengembangan pangan olahan lokal yang saat ini bernilai kompetitif. Inovasi ini sangat dibutuhkan baik dari para pelaku UMKM yang ada di bidang pangan.

Lomba kreasi makanan ini juga dilihat langsung oleh Ketua TP PKK Pekanbaru Raja Rilla Muflihun. Para juri juga menilai secara langsung makanan olahan terbaik.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terkini di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here