Dang Merdu – Saat ini fotografi kini menjadi salah satu hobi yang semakin populer. Banyak orang mulai dari anak-anak hingga dewasa senang mengabadikan setiap momen indah dan berharga mereka bersama teman, kerabat dan keluarga. Baik melalui foto lewat ponsel, kamera saku atau melalui kamera yang lebih profesional seperti mirrorless dan DSLR.

Belajar fotografi bagi seorang pemula itu diibaratkan seperti belajar mengendarai mobil. Ada banyak hal yang harus dipelajari. Ada banyak hal yang harus digali, coba dan ulangi sampai benar-benar bisa dan mahir. Saat ini perkembangan fotografi khususnya di era digital seperti sekarang ini kamera yang ada semakin canggih dari yang dulunya hanya 1,3 MP hingga 12 MP untuk kamera DSLR

Singkatnya sekarang ini belajar fotografi jauh lebih mudah. Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada dengan kamera apapun baik itu kamera smartphone, kamera saku, atau kamera DSLR maupun kamera mirrorless kita dapat belajar fotografi. Apalagi bagi yang benar-benar hobi dan pecinta fotografi. Khusus dengan kamera mirrorless dalam belajar fotografi, mungkin akan ada beberapa istilah teknis yang akan kita jumpai, tetapi tidak boleh kuatir, seiring berjalannya waktu, semua itu pasti bisa kita dalami dan pahami secara perlahan

Dalam kesempatan kali ini, ketika ingin belajar fotografi dengan menggunakan kamera mirrorless khususnya untuk para pemula dalam dunia fotografi, kita akan berbagi hal wajib yang perlu kita ketahui.

Berikut ini ada 5 Hal yang perlu diketahui ketika ingin Belajar Fotografi Kamera Mirroless antara lain:
1. Kenali Kamera Mirrorless yang dimiliki
Apapun jenis kamera yang kita miliki, kita dapat menjadikannya sebagai alat dan sarana kita untuk menjadi seorang fotografer professional nantinya.

Kita wajib memiliki kamera DSLR atau paling tidak kamera mirrorless, jika kita ingin lebih serius dalam dunia fotografi. Kenapa harus kamera mirrorless? Karena kamera jenis ini memiliki penawaran harga yang lebih bersahabat, bagi kita yang belum mampu memiliki kamera DSLR dapat menjadikan kamera mirrorless sebagai alternatif.

Dengan harga yang lebih terjangkau dan banyak tersedia di pasaran saat ini kita dapat memiliki kamera mirrorless. Kualitas, fitur dan spesifikasi nya pun tidak kalah dengan kamera DSLR. Beberapa kamera mirrorless saat ini memiliki kualitas, fitur dan spesifikasi yang hampir sama dengan kamera DSLR. Bahkan beberapa kamera mirrorless ada yang telah menyalip kemampuan kamera DSLR kelas entry-level. Keren sekali, bukan? Jadi belajar fotografi dengan menggunakan kamera mirrorless dapat menjadi pilihan yang tepat buat kita.

Baca Juga : 3 Tips Menyimpan Kamera Agar Tidak Mudah Berjamur

2. Memahami dasar-dasar pengaturan kamera anda
Nah, setelah kita memiliki kamera, sekarang saatnya kita benar-benar untuk memahami secara detail fungsi dasar dari setiap bagian kamera yang kita punya itu. Memahami fitur dasar dan pengaturan apa saja yang esensial adalah penting untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal dari kamera kita.

3. Membiasakan memotret jangan takut bereksperimen & jangan takut membuat kesalahan. Teruslah belajar dan belajar,
Coba terus memotret dan coba lagi. Jangan pernah berhenti belajar memotret. Ulangi dan ulangi terus. Jangan pernah takut jika membuat kesalahan. Karena kita sebagai manusia yang diberikan akal untuk terus bisa belajar dan lebih banyak belajar dari kesalahan daripada keberhasilan kita. Karena sekecil apapun sebuah kesalahan dapat menjadi sumber inspirasi besar bagi kita di kemudian hari.
Cobalah untuk terus memotret apapun objeknya. Jangan takut dan jangan ragu. Karena dari sebuah kebiasaan itulah akan timbul skill dan keahlian. Banyaklah latihan memotret sampai memotret dan membidik objek lewat kamera sehingga menjadi sesuatu yang kita kerjakan secara otomatis. Kita harus lebih sering berlatih dan bereksperimen dengan kamera kita itulah intinya. Ambillah gambar sebanyak mungkin. Dan cobalah untuk bereksperimen dengan sudut-sudut atau angle yang tidak biasa untuk menciptakan gambar yang menarik.

4. Perhatikan dengan seksama objek bidikan kita.
Banyak objek yang dapat dijadikan target bidikan. Bahkan dengan objek sesimpel dan sesederhana apapun dapat menghasilkan foto yang berkelas. Untuk melakukan hal ini pertama-tama kita harus melihat objek tersebut secara detail apa adanya.
Kemudian lihatnya secara kreatif ada apanya. Gunakan sisi kreativitas kita. Dari sudut pandang lain lihatlah foto-foto tersebut. Apakah dengan menggunakan efek bokeh, pengaturan white balance, penambahan kontras, brightness, mengutak-atik pengaturan ISO, dll.

5. Memahami efeknya dan menguasai settingan kamera
Setelah kita memiliki kamera, berbagai macam tombol, menu dan fitur yang tersedia di kamera anda baik itu DSLR ataupun mirrorless yang kadang terlihat cukup menakutkan, terutama jika kita baru memulai terjun di dunia fotografi.
Hal yang sangat penting dan wajib kita ketahui untuk memahami fitur, settingan dan efek pada kamera kita. Apalagi ketika kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari kamera yang kita miliki. Karena itu, untuk lebih memahami settingan kamera kita.
Belajar Fotografi itu tidak hanya urusan pencet , hapus dan simpan. fotografi adalah kamu, fotografi adalah kenangan sejarah dan pencipta masa depan. Dari penjelasan diatas semoga bermanfaat untuk membantu kita dalam Belajar Fotografi baik menggunakan kamera DSLR dan mirrorless.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com. –

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here