Dang Merdu – Seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan zaman dalam bidang teknologi, terobosan-terobosan baru dalam menciptakan kamera digital modern pun dilakukan para produsen kamera. Termasuk dalama menciptakan model kamera tanpa cermin atau yang sering disebut kamera mirrorless.

Bentuknya yang mungil dan beratnya yang terbilang ringan sehingga membuat kamera mirrorless sangat disukai para traveler untuk mengabadikan setiap momen petualangannya. Meski relatif praktis, kamera mirrorless ini tetap membutuhkan perawatan khusus agar tidak cepat rusak lho.

Nah, Seperti apa tips cara merawat kamera mirrorless agar setia menemani anda setiap petualangan? Mari Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Perhatikan Suhu Dimana Tempat Penyimpanan Kamera
Iklim tropis di Indonesia pasti akan membuat lensa kamera mirrorless anda jadi mudah terkena jamur. Oleh karena itu, anda harus meperhatikan suhu dimana tempat penyimpanan kamera mirrorless tersebut.

Nah, saat anda membeli kamera ikutilah petunjuk dalam guidebook yang tersedia, karena standar suhu penyimpanan ternyata berbeda-beda. Kemudian, jangan anda biarkan kamera mirrorless anda terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang terlalu lama. Apalagi, tanpa penutup lensa kamera.

Tempatkan Kamera di dalam Dry Box

Tidak ada salahnya juga kalau anda membeli dry box dan meletakkan kamera di dalamnya agar kelembapan kamera tetap terjaga. Dry box ini sendiri bukan hanya digunakan untuk menyimpan kamera, melainkan baterai, filter, flash, juga vertical grip. Kamera mirrorless anda pasti akan lebih aman dan awet bila diletakkan di dalam dry box ini.

Hindari Kontak Langsung dengan Air
Perlu hati-hati jika anda memotret di dekat pantai. Karena, jika lensa kamera mirrorless anda terkena air laut maka sangat beresiko yang mengakibatkan gesekan dan korosi pada lensa.

Berhati-hatilah juga ketika anda sedang memotret, tiba-tiba hujan turun. Kamu wajib banget melindungi kamera dengan cover atau tas yang tahan air. Akan tetapi, memang benar, sebaiknya kamera mirrorless anda dihindarkan dari kontak air atau cairan apapun. Karena, air dapat membuat komponen di dalam kamera mirrorless jadi lembab dan mudah rusak.

Baca Juga : Tips Menjadi Fotografi untuk Pemula dari Fotografer Profesional

Rajin Membersihkan Kamera Mirrorless

Nah, ini tips bagaimana merawat kamera mirrorless yang wajib banget kamu lakukan, bro. Yaitu rutin bersihkan kamera mirrorless. Bukan hanya dengan membersihkan bagian lensa saja, tapi juga body dan sensor kamera juga wajib dibersihkan secara berkala.

Banyak yang menjual satu set alat pembersih kamera, Alat-alat pembersih kamera ini seperti cairan pembersih khusus kamera, blower untuk membersihkan partikel debu pada kamera, kain microfiber digunakn untuk membersihkan body kamera secara keseluruhan hingga kuas tipis untuk membersihkan sela-sela pada tombol navigasi kamera bisa anda dapatkan dalam satu paket sekaligus!

Hati-Hati dengan Perubahan Arus Listrik

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memindahkan data dari kamera ke PC atau mengoperasikan kamera lewat PC, yaitu dengan cara menghubungkan kamera secara langsung menggunakan kabel.

Tapi, sebelum anda melakukan hal tersebut, pastikan dahulu anda sudah mematikan kamera sebelum baterai dan memory card dilepas. Hal ini dapat mencegah apabila ada perubahan arus listrik yang tiba-tiba, karena kamera mirrorless sangat rentan terhadap hal yang satu ini.

Rajin Memotret

Jangan biarkan kamera mirrorless ‘istirahat’ terlalu lama. Gunakanlah waktu untuk memotret objek-objek yang anda senangi atau aktivitas sehari-hari. Kamera yang tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama sangat beresiko sehigga akan menyebabkan mesin menjadi kaku dan macet saat ingin digunakan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda meluangkan waktu anda, setidaknya seminggu satu kali untuk memotret. Gunakan juga tombol-tombol pada kamera agar tidak macet ketika sedang ingin digunakan.

Service di Tempat Resmi
Jangan menunggu kamera rusak dulu, baru di-service. Setidaknya, kamu cek kondisi kamera mirrorless secara berkala guna mencegah kerusakan-kerusakan yang tidak terduga pada waktu yang tidak diinginkan. Perhatikan juga tempat di mana anda men-service kamera. Sebaiknya, service di agen resmi atau tempat terpercaya.

Nah, itulah beberapa cara merawat kamera mirrorless agar selalu setia menemani setiap petualangan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan ya. Selamat mencoba!

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here