AMD vs Intel: Siapa Pemenangnya di Kelas Prosesor 2022 Ini?

DANG MERDU – Saat Anda sedang membangun PC baru atau ingin meningkatkan performa PC Anda, terdapat keputusan penting: Haruskah Anda menggunakan CPU AMD atau Intel? Seperti MacOS versus Windows , persaingan AMD versus Intel adalah salah satu perdebatan terbesar bagi para penggemar PC. Dan saat ini kita berada di tengah persaingan yang pasti akan semakin memanas.

Untuk sebagian besar tahun 2020 dan 2021, Intel mengalami penurunan yang sama seperti yang dialami AMD pada tahun 2010-an, karena Team Red sedang mendominasi permainan dan komputasi umum dengan chip Ryzen seri 5000-nya. Namun pada akhir 2021 kemarin, Intel meluncurkan CPU berbasis Alder Lake generasi ke-12 dan tiba-tiba menyamakan skor dengan AMD. Perlombaan untuk dominasi CPU mungkin tidak pernah seketat ini. Sekarang tahun 2022, dan kita akan melihat persaingan AMD dan Intel di kelas prosesor desktop.

Prosesor Desktop

Di masa lalu, CPU AMD adalah pilihan terbaik hanya di kelas anggaran dan pasar entry-level, tetapi itu berubah dengan hadir AMD Ryzen 3000 dan AMD Ryzen 5000. AMD di masa lampau menjadi pilihan terbaik, tetapi kali ini semuanya berbeda, dan Intel cenderung menawarkan value terbaiknya. Namun bukan berarti Intel kalah dari AMD. Faktanya, Core i9-12900KS umumnya dianggap sebagai CPU tercepat secara keseluruhan yang dapat Anda beli.

Chip AMD atau Intel di pasar internasional yang paling terjangkau akan berharga antara $40 dan $60 untuk core dan speed clock tertentu yang hemat energi. CPU kelas menengah terbaik akan membuat Anda mengeluarkan dana antara $200 dan $350, sementara CPU gaming terbaik memiliki harga sekitar $500. Jika Anda ingin mempercepat tugas berat seperti pengeditan video dan transcoding, Anda dapat menghabiskan mulai dari $600 hingga hampir $1000.

Intel dan AMD memiliki prosesor yang sangat baik untuk gaming dan tugas-tugas produktivitas seperti pengeditan video dan transcoding. Baik Intel maupun AMD tidak memiliki CPU tunggal yang terbaik dalam kedua hal tersebut. Intel Core i9-12900KS sangat bagus untuk produktivitas dan game, mengalahkan Ryzen 9 5950X di kedua kategori, tetapi Ryzen 7 5800X3D yang berfokus pada game dari AMD jauh lebih cepat dalam game.

Baca Juga: Keuntungan Besar Memulai Bisnis Saat Muda

Anda tidak perlu membeli yang terbaik untuk mendapatkan CPU yang bagus untuk bermain game atau bekerja. Dengan harga sekitar $250-300, Intel Core i5-12600K tentu saja merupakan CPU yang lebih layak dibeli. Ini sangat cepat dalam permainan dan produktivitas, bahkan mengalahkan AMD Ryzen 5 5600X, yang merupakan favorit kita sebelumnya untuk kelas menengah.

Intel juga telah merilis banyak CPU tingkat budget dalam kisaran $100-200, seperti Core i5-12400 dan Core i3-12100. Sebenarnya cukup mudah bagi Intel untuk mendominasi segmen ini dengan CPU generasi ke-12 yang baru karena AMD telah secara serius mengabaikan segmen budget saat ini. AMD akhirnya memperbarui penawaran untuk kelas budgetnya pada bulan April kemarin dengan CPU seperti Ryzen 5 4500 dan Ryzen 5 5500, tetapi CPU ini belum diterima dengan baik karena harganya dan juga karena seri 4500 didasarkan pada arsitektur Zen 2 yang jauh lebih tua.

Jika Anda berencana membangun sistem yang murah tanpa grafis diskrit, Intel secara praktis adalah satu-satunya pilihan Anda. Jajaran AMD Ryzen 5000 APU modern dimulai dengan Ryzen 5 5600G, yang harganya hampir $200. Sementara grafis terintegrasi Intel biasanya lebih lambat dari AMD, Core i3-12100 dengan grafis terintegrasi adalah lebih baik karena ini lebih murah, cukup cepat, dan berpasangan dengan baik dengan GPU midrange masa depan.

Adapun untuk prosesor mendatang, AMD berencana untuk meluncurkan Ryzen 7000 akhir tahun ini, yang akan menampilkan arsitektur Zen 4 baru dan proses 5nm chip TSMC. AMD cukup tenang tentang Ryzen 7000, tetapi kita dapat membayangkan peningkatan single-core, efisiensi daya yang lebih baik, mungkin speed clock yang lebih tinggi, dan mungkin jumlah core yang lebih tinggi. Karena Ryzen 7000 akan menampilkan arsitektur baru dan prosesor baru, kita mungkin dapat mengharapkan peningkatan yang diberikan Ryzen 3000 pada tahun 2019. Namun, masih terlalu dini untuk mengatakannya.

Sementara itu, Intel sedang mempersiapkan CPU generasi ke-13 Raptor Lake, yang saat ini tampak seperti versi Alder Lake tetapi lebih kuat. Intel belum berbicara banyak tentang peningkatan arsitektur, tetapi mereka mengatakan Raptor Lake tidak akan berada dalam prosesor yang benar-benar baru, yang berarti CPU baru mereka mungkin tidak akan menjadi peningkatan yang drastis seperti Ryzen 7000.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita gadget terlengkap yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here