Toyota Indonesia Hentikan Produksi Vios, Mungkinkah Menjadi Indikasi Hadirnya Generasi Terbaru
Toyota Indonesia Hentikan Produksi Vios, Mungkinkah Menjadi Indikasi Hadirnya Generasi Terbaru

Berita Pekanbaru – Kabar terbaru datang dari Toyota Vios yang dikabarkan akan menghentikan produksi dari pabrik yang merakit mobil tersebut di Karawang, Jawa Barat. Sempat viral video yang beredar di media sosial yang bernarasi tentang perpisahan terhadap mobil sedan tersebut. Jika hal tersebut benar maka bersiaplah untuk menyambut model terbaru yang akan debut di Thailand pada 9 Agustus nanti.

Walaupun tak adanya keterangan secara resmi dari pihak Toyota terkait hal tersebut, jika dilihat dari performa penjualan Vios di tanah air terbilang menarik. Berdasarkan data wholesale Gaikindo telah memperlihatkan dari Januari hingga Juni 2022, dari keseluruhan varian baik itu G, E dan G AT hanya terjual sebanyak 121 unit. Dimana angka tersebut merupakan angka yang kecil jika dibandingkan dengan pencapaian Honda City yang berhasil menoreh angka 402 unit. Pencapaian ekspor Toyota Vios juga hanya mencatat sebanyak 25 unit saja pada tahun ini.

Sejarah Vios

Toyota Vios pertama kali hadir di tanah air pada tahun 2003 untuk menggantikan Soluna. Hadirnya Toyota Vios sempat disebut untuk melawan Honda City yang mengisi segmen sedan kompak. Generasi pertamanya yang didukung dengan mesin 1.500 cc 1NZ-FE yang mampu menghasilkan tenaga 109 tk dengan torsi 141 Nm. Dengan penggunaan yang cukup lama sejak tahun 2003 hingga tahun 2016 karena dikenal andal dan banyak digunakan oleh armada taksi. Pada tahun 2005 Toyota memberikan penyegaran dari desain grill yang berbentuk “V” warna interior hingga lampu sein.

Baca juga : Alke ATX 340E, Kendaraan Listrik Niaga yang Unik dari Italia

Pada tahun 2007 generasi kedua Vios pun hadir, dimana desain yang dibawakan mirip hatcback Yaris dan perbaikan pada bagin kenyamanan serta kelengkapan keamanannya. Masih menggunakan mesin yang sama pada generasi pertama akan tetapi telah dilengkapi dengan Intelligent Drive by Wire ETCS-i yang fungsinya untuk menghemat penggunaan bahan bakarnya.

Pada April 2010 Toyota kembali memberikan penyegaran. Yaitu pada Grille terdapat dua garis yang tegas dan sentuhan krom, desain pelek yang sporty, lampu kabut, desain lampu belakang yang baru dan sentuhan krom pada bagian belakang. Bagian interior yang menggunakan warna beige dan pola yang baru. Sementara pada versi TRD Sportivo hadir dengan tampilan yang lebih sporty.

Sementara generasi ketiganya yang diperkenalkan pada Mei 2013 yang dirakit di pabrik kedua TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) di Karawang. Generasi tersebut didukung dengan mesin baru 2NR-FE dengan teknologi Dual VVTI-i.

Toyota Indonesia Hentikan Produksi Vios, Mungkinkah Menjadi Indikasi Hadirnya Generasi Terbaru
Toyota Indonesia Hentikan Produksi Vios, Mungkinkah Menjadi Indikasi Hadirnya Generasi Terbaru

Terakhir kali mengalami penyegaran pada bulan April 2018 dimana terdapat peningkatan fitur keselamatan seperti airbag tujuh titik, vehicle stability control, hill start assist, crash sensor dan emergency brake signal.

Keunggulan Vios

Generasi Toyota Vios terbaru hadir dengan dimensi yang panjang yakni 4.425 mm dan lebarnya 1.730 mm serta tingginya 1.500 dengan panjang sumbu roda yang mencapai 2.550 mm. Desain Vios terbaru mengandalkan bentuk bumper depan yang baru dengan garis-garis melintang. Tak hanya itu, kesan modern pun terlihat dari headlamp LED DRL dan juga bagian belakang yang tampak pada stoplamp kombinasi dengan teknologi LED.

Pada bagian kaki-kakinya yang menggunakan dual tone dengan ukuran 16 ini dengan ban 195/50 R16 pada varian teratas yang berbeda hanya lebih 1 inci saja pada varian bawah.

Interior yang tampil mewah dengan sentuhan two tone beige dan hitam pada bagian dashboard dan jok. Dibalut dengan bahan kulit pada lingkar kemudi serta tombol pengaturan audio yang ada pada sisi kiri dan kanan. Pengaturan AC pun sudah digital dan head unit layar sentuh yang bisa dikoneksikan dengan smartphone. Terdapat pula tombol mode berkendara Sport dan Eco yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendaranya.

Untuk fitur keselamatan terdapat tujuh airbag, vehicle stability control, hill start assist dan pengereman ABS EBD dan juga BA yang merupakan standarnya. Serta dilengkapi dengan seatbelt tiga titik juga ISOFIX sebagai tempat duduk untuk anak-anak.

Vios terbaru mengandalkan mesin Dual VVT-i 1.496 cc yang mampu menghasilkan tenaga 107 ps pada putaran 6.000 rpm dengan torsi yang mencapai 140 Nm pada putaran 4.200 rpm. Serta hadir dengan transmisinya manual dan otomatis.

Untuk harganya sendiri, Vios hadir dengan tiga varian yaitu E dengan transmisi manual dengan harga Rp. 293.7 juta, G transmisi manual yang harganya Rp. 311,5 juta dan G CVT dengan harga Rp. 325,7 juta. Sementara untuk varian E dan G merupakan model spot order yang baru akan dibuak jika terdapat pesanan.

Untuk informasi menarik lainnya seputar Berita Otomotif Terupdate hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here