Tahukah Kamu Mengapa Sepeda Motor Sekarang Banyak Yang Tak Memiliki Kick StarterS
Tahukah Kamu Mengapa Sepeda Motor Sekarang Banyak Yang Tak Memiliki Kick StarterS

Berita Pekanbaru Terkini – Tahukah anda jika saat ini tengah marak sepeda motor yang tak dilengkapi dengan kick starter. Untuk kelas sepeda motor entry level, terdapat banyak sepeda motor yang tak lagi menggunakan model engkol. Para produsen sepeda motor telah mengganti komponen kick starter dengan electric starter yang dapat anda lihat pada motor-motor keluaran terbaru pada saat ini. Dan tahukah anda, jika beberapa sepeda motor retro juga tak lagi menggunakan kick starter.

Apa saja alasan sepeda motor tak lagi menggunakan kick starter

Nyatanya terdapat beberapa alasan mengapa sepeda motor tersebut tak lagi menyertakan kick starter, alasannya seperti berikut:

1. Perubahan Tren

Tak jauh berbeda dengan fashion, sepeda motor juga mempunyai tren tersendiri yang juga berubah dimana kini menjadi lebih simple dan praktis. Terlebih lagi pada motor matic yang kini semakin laris. Di luar negeri pun telah banyak sepeda motor yang hanya menggunakan electric starter dari pada kick starter sehingga hal tersebut juga mempengaruhi produksi sepeda motor yang ada di tanah air.

2. Adanya panel penunjuk kesehatan aki pada motor model terbaru

Tak sedikit orang yang merasa kerepotan ketika menyalakan sepeda motor pada saat electric starter macet kemudian kick starternya tak ada. Ternyata beberapa hal tersebut telah diperkirakan oleh pihak pabrikan sepeda motor dengan cermat. Dimana pabrikan sepeda motor telah menambahkan beberapa informasi terkait kondisi aki pada panel instrumen yang ada pada sepeda motor keluaran terbaru.

Baca Juga : Segeralah Bayar Pajak Kendaraan Anda, Penghapusan Data STNK Akan Diberlakukan Bagi Pajak Kendaraan Yang Sudah Mati Selama 2 Tahun

Dengan adanya panel tersebut, tentu akan memudahkan pengguna sepeda motor untuk dapat mengetahui seperti apa kondisi akinya. Apakah aki dalam keadaan bagus atau tidak, apabila kondisi aki selalu diperhatikan tentu akan dapat dipastikan jika tak ada lagi kendala pada sepeda motor seperti sulitnya untuk dinyalakan karena sistem kelistrikannya yang masih berfungsi dengan sangat baik.

3. Bila jarang digunakan Kick starter dapat mengeras

Dikarenakan adanya electric starter maka kick starter akan menjadi jarang untuk digunakan untuk menyalakan sepeda motor. Tak hanya lebih repot, kick starter juga akan membutuhkan tenaga yang lebih ekstra. Walau begitu, kick starter juga tetap berguna. Contohnya saja jika sepeda motor sedang kehabisan aki, tentu kick starter akan sangat berguna untuk menyalakan sepeda motor yang mati tersebut sehingga dapat digunakan kembali.

Hal tersebutlah yang dapat membuat kick starter macet serta mengeras apabila jarang digunakan yang disebabkan oleh kotoran yang menumpuk karena lama tak digunakan. Dikarenakan membuat para penggunanya repot, sehingga pihak pabrikan sepeda motor kini lebih memilih untuk menghilangkan kick starter tersebut.

4. Jika jarang digunakan dapat merusak komponen yang lainnya

Karena jarang digunakan makan dapat berakibat memicu kerusakan terhadap komponen yang lainnya. Dengan hadirnya kick starter, aki sepeda motor yang sudah seharusnya diganti justru akan tetap dibiarkan oleh para pengendaranya dengan alasan sepeda motor masih dapat dinyalakan dengan menggunakan kick starter tersebut. Padahal fungsi aki sendiri sangatlah penting untuk mendukung kelistrikan pada sepeda motor. Itulah mengapa meski ada kick starter, aki juga seharusnya tetap diganti jika kondisinya sudah tidak baik lagi.

Sistem penghalus pada mesin sepeda motor ketika motor dinyalakan, kemudian sistem kelistrikan yang terdapat pada panel sepeda motor juga bisa terganggu apabila aki mulai lemah. Supaya para pengguna lebih disiplin untuk melakukan perawatan secara berkala terhadap aki sepeda motor, maka kick starter pada sepeda motor terbaru dihilangkan.

Itulah beberapa alasan mengapa sepeda motor keluaran terbaru kini tak lagi dilengkapi dengan kick starter. Selain karena kick starter dianggap kurang efektif, kemajuan zaman yang juga mengharuskan para produsen sepeda motor untuk terus berinovasi.

Untuk informasi menarik seputar Berita Otomotif Terkini lainnya pastikan hanya di laman Dangmerdu.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here