3 Bahaya Yang Siap Mengancam Anda Jika Mengendarai Sepeda Motor Sambil Mendengarkan Musik
3 Bahaya Yang Siap Mengancam Anda Jika Mengendarai Sepeda Motor Sambil Mendengarkan Musik

Berita Pekanbaru Terbaru – Apakah anda pernah berkendara menggunakan sepeda motor sambil mendengarkan musik dengan headset? Jika pernah, sebaiknya mulai sekarang anda harus menghentikan kebiasaan tersebut. Bagi sebagian orang mungkin berkendara sembari mendengarkan musik itu merupakan hal yang sangat menyenangkan. Meski demikian, apakah anda tahu jika kebiasaan tersebut cukup berbahaya.

Dengan alasan apa pun itu, mendengarkan musik sambil berkendara dengan sepeda motor memang bisa membuat anda menjadi lebih nyaman, fokus ke jalan dan menjadi lebih tenang. Tetapi, dampak yang ditimbulkan dengan menggunakan headset pada saat berkendara menggunakan sepeda motor tak sebanding dengan resiko yang akan ditawarkan.

Lantas, apa saja resiko dari mendengarkan musik selama anda berkendara menggunakan sepeda motor ketika berada di jalan raya. Berikut ini akan dijelaskan sedikit informasi mengenai resiko-resiko apa saja yang mungkin terjadi jika anda mengendarai sepeda motor sambil mendengarkan musik.

1. Risiko Tak Mendengar Suara Klakson Dari Pengendara Lain

Cara berkomunikasi antara pengendara lain dengan membunyikan suara klaksonnya. Contohnya saja pada saat anda akan menyalip kendaraan yang ada di depan, biasanya anda akan membunyikan suara klakson untuk memberikan pertanda jika anda akan mendahului kendaraan yang ada di depan tersebut. Apabila pengendara yang ada di depan mendengarkan suara klakson biasanya pengendara tersebut akan sedikit menepikan kendaraannya serta membuka jalan untuk anda.

Baca Juga : Tips Aman Bagaimana Cara Membonceng Anak Kecil Menggunakan Sepeda Motor

Lalu, bayangkan saja jika pengendara yang ada di depan itu sedang menggunaan headset untuk mendengarkan musik dengan suara yang cukup keras. Bahkan suara klakson yang anda nyalakan itu tak dapat didengar olehnya, sehingga hal tersebut dapat saja menyebabkan kecelakaan.

2. Tingkat Konsentrasi Pada Saat Berkendara Menjadi Berkurang

Mungkin bagi sebagian orang alasan mendengarkan musik sambil mengendarai sepeda motor itu agar mereka menjadi lebih fokus serta rileks pada saat sedang berkendara. Akan tetapi, hal tersebut tak akan berlaku terhadap beberapa orang yang mudah terdistorsi konsentrasinya, sebab tak akan membuat fokus justru akan membuatnya menjadi kehilangan fokus.

Oleh karena itu, sebaiknya anda pahami terlebih dahulu diri anda sendiri. Apakah anda merupakan orang yang mudah terganggu konsentrasinya dikarenakan hal-hal yang seperti itu atau tidak.

Apabila anda adalah orang yang benar-benar fokus dan tak dapat diganggu, sebaiknya hindari mendengarkan musik pada saat berkendara dimana hal tersebut justru dapat memecah konsentrasi anda. Terlebih kondisi anda yang sedang berkendara sehingga anda diharuskan menjaga diri anda sendiri agar tak terjadinya resiko yang buruk.

3. Kabel Headset Yang Dapat Mengganggu

Salah satu kendala apabila anda mendengarkan musik menggunakan headset berkabel pada saat berkendara seperti penggunaan kabel headsetnya yang panjang. Apabila anda tak menggunakannya dengan tepat, kabel tersebut justru akan mengganggu fokus anda pada saat sedang berkendara. Contohnya saja kabel tersebut tersangkut ke lengan atau tangan anda sehingga anda dapat kehilangan kendali atau keseimbangan saat berkendara.

Meski kini sudah ada jenis headset yang tak lagi menggunakan kabel, namun jika headset tersebut terlepas dari telinga anda apakah hal tersebut tak menimbulkan kepanikan?

Apabila hal tersebut sudah terjadi dapat dibayangkan resiko terburuk apa saja yang akan terjadi, seperti terjatuh atau bahkan kecelakaan lalu lintas dapat saja terjadi.

Itulah bahaya apa saja yang mungkin terjadi jika anda mengendarai sepeda motor sambil mendengarkan musik menggunakan headset. Apabila anda merasakan bosan dengan perjalanan yang anda lalui sebaiknya beristirahat sejenak dan mendengarkan musik pada saat sedang beristirahat atau bahkan mendengarkannya pada saat tiba ditempat tujuan saja. Untuk informasi menarik seputar Berita Otomotif Terbaru lainnya pastikan hanya di laman Dangmerdu.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here