Dang Merdu – Jika kamu mengajukan permintaan kuliah di Jurusan Fotografi, pasti ada respon yang akan diberikan oleh kebanyakan orang tua. Seperti: “apa? fotografi aja pake kuliah segala?”. Wajar juga sih, kenapa? Karena kebanyak orang belajar tentang skill cekrak-cekrek ini secara otodidak. Kamu masih bisa mengikuti UKM Fotografi di kampus atau klup-klup fotografi diluar sana, walaupun kamu kuliah di jurusan lain. Jadi mengapa harus kuliah di Jurusan Fotografi?

Kuliah Apa? Fotografi!
Fotografi sebenarnya memiliki ragam keahlian. Misalnya, fotografi komersial yang mengaplikasikan inovasi dan kreativitas fotografi secara profesional. Jadi salah besa jika bila fotografi dikasih embel-embel “saja” atau “doang” dibelakangnya. Ada fotografi ekspresi yang lebih menekankan pada aspek seni dan ekspresi pribadi. Apakah kamu sering mendengar istilah fotografi jurnalistik? Fotografi ini berpusat pada bidang foto jurnalistik yang professional dan beretika yang dikerjakan oleh fotografer jurnalistik. Profesi fotografer juga bermacam-macam, seperti fotografer produk, fotografer fashion, event photographer, dan lain sebagainya.

Kuliah fotografi akan melatihmu untuk lebih peduli pada sekitar dan akan menghasilkan karya seni yang artistik. Kuliah fotografi memberimu kerangka belajar yang terstruktur rapi, bertolak belakang dari kepercayaan umum bahwa dibutuhkan bakat untuk memegang kamera. Kamu akan belajar mulai dari nol di Jurusan Fotografi, mulai dari warna, komposisi, form, fundamental design, samapi berkenalan dengan setting aperture, shutter speed, fokus, dan berbagai macam hal operasional lain. Kamu juga akan mulai belajar menggunakan kamera analog serta serba-serbi teknik fotografi.

Kuliah di Jurusan Fotografi mengharuskan kamu siap menghabiskan waktu lebih banyak untuk kerja praktek atau berada di studio. Oleh karena itu, tak hanya dibutuhkan kecintaan pada fotografi, akan tetapi kemampuan untuk bekerja mandiri serta minat yang tinggi pada teknologi, science, dan seni. Kamu juga harus memperhatikan berbagai hal secara detail serta memiliki ide-ide yang brilian, kegigihan, inisiatif, dan kreativitas. Disamping, pendidikan formal tentang fotografi yang akan memberimu sebuah gelar dan sertifikat fotografer profesional.

Baca Juga : 5 Tips Ini Jika Kamu Ingin Jadi Fotografer Handal

Jika kamu mempunyai karakter seperti yang telah disebutkan di atas, atau mempunyai kebutuhan skill fotografi yang sekiranya dapat kamu peroleh di dibangku kuliah, berikut ini universitas-universitas dengan Jurusan Fotografi yang dapat kamu pilih:

Universitas Trisakti
Institut Kesenian Jakarta
Universitas Pasundan
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Institut Seni Indonesia Surakarta
Sekolah Tinggi Desain La Salle

Prospek Kerja ke depan
Banyak perusahaan maupun instansi pemerintah yang membutuhkan tenaga dokumentasi untuk promosi, produk, atau yang lainnya. Walau demikian, sebagian besar fotografer mendirikan studio sendiri atau bekerja lepas. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berikut ini beberapa profesi fotografer selepas kuliah di Jurusan Fotografi:

Wedding Photographer
Product Photographer
Commercial Photographer
Freelance Photographer
Photojournalist
Fine Art Photographer
Fashion Photographer
Event Photographer
Editor Film dan Video
Kurator Seni
Content Creator
Digital Creative Group Head
Industrial Photographer
Digital Image Technician
Teknisi Perlengkapan Kamera dan Fotografi
Operator kamera Televisi, Video, Film

Jadi, fotografi bukan hanya sekedar jepret kamera saja! Fotografi juga membantu menyampaikan pesan atau cerita dari gambar diam yang kamu hasilkan. Fotografi dapat memberimu skill yang diperlukan, melalui teknik pengambilan gambar dengan komposisi, momen, dan pencahayaan yang tepat, sehingga kamu dapat menghasilkan foto yang bagus dan bernilai seni yang tinggi.

Masih bingung menjawabnya mengapa perlu kuliah untuk jadi fotografer? Tanya balik, mengapa harus kuliah bisnis kalau mau jadi entrepreneur.

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here