Dang merdu – Tanggal 27 Juli 2022 untuk tahun ini jatuh pada hari Rabu. Setiap tahunnya tanggal 27 Juli diperingati secara nasional sebagai Hari Sungai Nasional. Sungai sangat penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Apalagi bagi masyarakat pedesaan yang masih menjadikan sungai sebagai sumber utama dalam pemenuhan kebutuhan air bagi kehidupan.

 

Misalnya untuk mandi, mencuci, untuk jadi air minum, sebagai sumber irigasi persawahaan bahkan juga bisa digunakan untuk sebagai tenaga pembangkit listrik sederhana.

 

Fungsi sungai yang erat dalam kehidupan sehari-hari manusia ini harusnya menjadikan manusia lebih peduli akan kebersihan sungai dari segala bentuk pencemaran. Agar sungai temapat sumber kebutuhan air hidup ini bisa terus memberikan kualitas terbaiknya.

 

Namun saat sekarang ini, tidak sedikit manusia yang semakin lupa akan pentingnya budaya menjaga dan melestarikan sungai. Sungai yang terjaga kebersihannya akan selalu berguna bagi kehidupan manusia khususnya.

 

Andai saja mereka-mereka yang sering mencemari air sungai ini sadar bahwa begitu banyak bahaya besar yang akan ditimbulkan oleh sungai yang kotor dan tidak terawatt, pastinya mereka akan berpikir dua kali untuk melakukan hal-hal tak terpuji seperti itu.

 

Banjir dan air bah adalah beberapa bahaya besar yang sering ditimbulkan oleh sungai yang jorok dan tidak terjaga. Yang bahkan bisa memakan korban jiwa dalam setiap peristiwa yang terjadi.

 

Kerugian secara material seperti tempat tinggal juga akan datang saat banjir dan air bah terjadi. Oleh karena itulah kita sebagai makhluk yang paling sempurna dimuka bumi ini haruslah selalu menjaga setiap alam ciptaan sang pencipta.

 

Melalui peringatan Sungai Nasional ini, marilah sama-sama kita untuk lebih bergotong royong lagi untuk menjaga sungai dimanapun berada, khususnya di sekitaran tempat tinggal kita. Agar fungsi sungai ini nanti juga bisa dinikmati oleh anak cucu kita di kemudian hari nanti.

 

Baca juga :Perbedaan Desa dan Kelurahan

 

Tanggal 27 Juli 2022 jatuh pada hari Rabu. Pada hari ini, umat Hindu di Bali merayakan Buda Wage Merakih. Selain itu, ada juga peringatan Hari Sungai Nasional hari ini.

 

Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 27 Juli 2022. Setiap enam bulan sekali atau tepatnya 210 hari sekali, umat Hindu di Bali melaksanakan hari raya Buda Wage Merakih. Tahun ini, Buda Wage Merakih dirayakan pada tanggal 27 Juli.

 

Hari ini merupakan pemujaan ke hadapan Bhatara Rambut Sedana atau yang disebut juga Sang Hyang Rambut Kadhala. Hari raya ini juga dikenal dengan nama Buda Cemeng Merakih. Buda Wage Merakih merupakan hari raya yang dirayakan berdasarkan pertemuan Saptawara Buda (Rabu), Pancawara Wage, dan wuku Merakih. Pada hari ini, umat Hindu akan melakukakan persembahan. Renungan suci juga akan digelar pada malam harinya.

 

Hari ini telah dicanangkan oleh pemerintah sejak tahun 2011 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2011 tentang Sungai. Tujuan ditetapkannya Hari Sungai Nasional adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap sungai-sungai di Indonesia.

 

Dengan adanya hari ini, masyarakat diharapkan lebih peduli dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai. Selain itu, adanya Hari Sungai Nasional juga diharapkan dapat mendorong aksi publik dalam membantu pemerintah untuk melakukan pemulihan pada sungai-sungai yang rusak dan tercemar.

 

Baca Berita Seputar Nasional Lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here