Baterai Wuling Air ev Tetap Aman Meski Telah Direndam, Dilempar Hingga Dibakar Sekalipun
Baterai Wuling Air ev Tetap Aman Meski Telah Direndam, Dilempar Hingga Dibakar Sekalipun

Berita Pekanbaru Terkini – Isu negatif terkait kemampuan serta ketahanan dari baterai yang digunakan oleh mobil listrik telah terpatahkan. Tak sedikit masyarakat yang berharap jika kendaraan listrik yang akan dijual nantinya mempunyai ketahanan baterai yang tangguh serta memiliki kemampuan jelajah yang cukup jauh.

Wuling Motors telah menyadari dengan tantangan tersebut pada segmen kendaraan elektrifikasi yang kini telah menghadirkan kendaraan listrik pertamanya untuk pasar di tanah air yaitu Air ev.

Secara keseluruhan tampilan dari Wuling Air ev sangatlah menarik, baik itu tampilan eksterior maupun interiornya yang canggih serta modern. Begitupun soal kenyamanan kabin hingga harga jual yang affordable apabila dibandingkan dengan mobil listrik lainnya yang ada di pasar.

Meski begitu, tak semata-mata hal yang ditawarkan tersebut menjadi jaminan jika mobil listrik Wuling Motors akan dengan mudah dapat diterima oleh masyarakat di tanah air.

Baca Juga : 2 Skutik Listrik Ini Mirip Vespa, Harganya Mulai Dari Rp16 Jutaan

Dimana kemampuan dari baterai merupakan tantangan terbesar dari para produsen mobil listrik dalam memenuhi ekspektasi konsumennya dimana pada saat ini sedang mempersiapkan diri dalam menyambut tren kendaraan listrik.

Baterai Wuling Air ev

Sukses dengan mobil bermesin konvensional seperti Almaz, Confero dan Cortez, tak ingin ketinggalan Wuling Motors turut meramaikan tren kendaraan listrik dengan menghadirkan Air ev.

Baterai Wuling Air ev Tetap Aman Meski Telah Direndam, Dilempar Hingga Dibakar Sekalipun
Baterai Wuling Air ev Tetap Aman Meski Telah Direndam, Dilempar Hingga Dibakar Sekalipun

Wuling Air ev adalah sebuah terobosan terbaru dari Wuling Motors yang sudah lima tahun berada di tanah air.

Inovasi yang dihadirkan tak hanya pada tampilannya saja, tetapi juga kenyamanan dan keamana. Tak henti sampai disitu, baterai yang digunakan pun turut menjadi sorotan.

Dimana baterai pada Wuling Air ev berjenis LFP (lithium iron phosphate) dimana tugasnya untuk menjadi sumber energi yang akan disalurkan ke motor listrik sebagai komponen penggerak.

Pada ajang gelaran perdana PEVS (Periklindo Electric Vehicle Show) 2022 wujud asli Wuling Aie ev dapat dilihat secara langsung.

Ketahanan

Selaku Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko sempat mengatakan bahwa Wuling sendiri lebih mengutamakan aspek keselamatan pada saat mengembangkan kendaraan listriknya. Khususnya pada bagian komponen seperti baterai serta sistem kelistrikan tegangan tinggi.

Baterain Wuling Air ev sendiri telah lolos 16 model uji ketahanan di berbagai kondisi dan situasi. Pengujian yang dilakukan pun seperti rotasi berulang-ulang, tes jatuh, rendaman air, kebakaran, benturan hingga getaran untuk memastikan baterai tersebut tetap aman pada saat digunakan sehari-hari oleh pemiliknya.

Pengujian tersebut pula dibuat dengan berbagai skenario, seperti salah satunya dengan menggunakan metode tes jatuh dari ketinggian 1 meter demi memastikan ketahanan dari baterai tersebut terhadap benturan keras.

Baterai Wuling Air ev Tetap Aman Meski Telah Direndam, Dilempar Hingga Dibakar Sekalipun
Baterai Wuling Air ev Tetap Aman Meski Telah Direndam, Dilempar Hingga Dibakar Sekalipun

Ada pula pengujian kecelakaan dengan percepatan mencapai 28G dari satu titik ke titik lainnya dan juga dilakukan flip test dengan rotasi secara berulang yang menggambarkan situasi mobil saat terbolak balik.

Hasil dari test tersebut sangat memuaskan dimana memperlihatkan jika baterai Air ev masih dalam kondisi yang baik serta berfungsi secara normal.

Tak hanya itu, baterai Air ev juga lolos dari ujian ekstrem lainnya pada saat dibakar dengan suhu yang tinggi dan masih mampu bertahan tanpa adanya ledakan ataupun kerusakan lainnya pada baterai tersebut.

Begitu pula pada saat direndam dalam air, baterai Wuling Air ev telah mendapatkan sertifikasi IP67, jadi pada saat hujan maupun banjir akan menjamin tak ada kebocoran dari baterai tersebut.

Baterai Air ev juga lulus uji getaran apabila berada pada kondisi jalan yang tidak rata dimana telah di uji menggunakan frekuensi 24Hz selama tiga hari lamanya.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar Berita Otomotif Terkini hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here