879 Sapi di Riau Berhasil Sembuh dari Penyakit Mulut dan Kuku
879 Sapi di Riau Berhasil Sembuh dari Penyakit Mulut dan Kuku

Dang Merdu – Kasus dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak saat ini masih banyak terjadi di Provinsi Riau. Sampai saat ini total sudah ada 1.838 ekor sapi milik warga di Riau yang terpapar PMK dan saat ini sudah 879 sapi yang dinyatakan sembuh.

“Sampai saat ini sudah ada total 1.838 ekor sapi peternak yang terpapar kasus PMK,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Herman melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan, drh Faralinda Sari, pada Senin 25/7/2022.

Faralinda juga mengatakan bahwa, ada sebanyak 1.838 sapi yang saat ini sudah terpapar PMK tersebut, yakni tersebar di delapan kabupaten. Terbaru ada Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) juga terpapar PMK ini.

“Kasus PMK saat ini sudah terjadi ada delapan kabupaten yang terkena, yaitu Rokan Hulu (Rohul), Siak, Indragiri Hilir (Inhil), Kampar,  Bengkalis, Indragiri Hulu (Inhu), dan juga Pelalawan. Terakhir ada Kabupaten Kuansing juga kita temukan terdapat kasus PMK,” terangnya.

Baca juga: Dinas Kesehatan Riau Akan Segerakan Vaksinasi, Dosis I Sudah Mencapai 99,76 Persen

Lebih lanjut lagi, Faralinda juga merincikan sebaran dari kasus PMK ini ada di delapan daerah, Rohul sebanyak 657 kasus, Siak 154 kasus, Inhil ada 227 kasus, Kampar 20 kasus, Bengkalis 120 kasus, Inhu 437 kasus, Pelalawan 112 kasus, dan Kuansing saat ini terdapat 111 kasus.

“Tapi sapi yang sudah dinyatakan sembuh dari PMK juga sudah mulai banyak, saat ini sudah 879 sapi yang saat ini dinyatakan sembuh. Itu tersebar ada di delapan kabupaten. Di antaranya Rohul sudah 318 sapi, Siak 127 sapi, Inhil 132 sapi, Kampar 16 sapi, Bengkalis 116 sapi, Inhu 94 sapi, Pelalawan 32 sapi, dan Kuansing 44 sapi yang saat ini berhasil sembuh,” tandasnya.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terbaru di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here