Dang Merdu – Memotret itu kelihatanya sangat mudah dan semua orang pun pasti dapat melakukanya, tetapi untuk dapat menghasilkan gambar/photo yang indah dan berkualitas bagus dibutuhkan tehnik-tehnik pemotretan yang harus di kuasai.
Sekecil apapun kejadian, bila di abadikan dengan cara pengambilan gambar yang tepat dan pada saat moment yang tepat, maka akan dapat menghasilkan gambar foto yang sangat luar biasa. Jika dapat memanfaatkan kondisi, orang biasa pun pasti dapat menjadi fotografer yang handal. Hal yang terpenting adalah bagaimana cara melihat suatu objek foto, dan pada saat itu otak kita dapat bekerja dengan baik untuk menangkap dan merekam moment/objek photo tersebut.
Bentuk foto digital yang bagus dan mahal tidak selalu menjadi jaminan untuk dapat menghasilkan gambar/photo yang indah dan mempunyai nilai seni tinggi. Akan tetapi, tehnik pengambilan foto tersebut dan kejelian dalam melihat moment penting yang menjadikan factor utama dalam melihat kualitas photo yang mempunyai nilai seni tinggi. Untuk dapat menghasilkan gambar foto yang indah, yang memiliki makna dan “berbicara” ada empat hal yang perlu diperhatikan. Keempat hal ini adalah elemen utama dari sebuah foto yang indah, bermakan dan ‘berbicara’. Keempat hal itu adalah :

1. Foto yang baik adalah foto yang memiliki kondisi pencahayaan yang tepat, yaitu tidak terlampau gelap / under exposure atau pun tidak terlampau terang ‘ over eksposure’. Karena pengaturan pencahayaan dalam fotografi digital merupakan elemen penting untuk mendapatkan hasil foto yang baik. Untuk mendapatkan kondisi pencahayaan yang tepat, harus menyesuaikan antara diafragma ‘ aperture’ dan kecepatan rana ‘ shutter speed.

2. Komposisi dalam pengambilan foto yaitu komposisi sederhana yang dapat diartikan sebagai cara penataan elemen-elemen dalam gambar atau image. Elemen-elemen ini mencakup garis, bentuk, warna juga sisi terang dan gelap. Komposisi adalah penataan terhadap objek photo ketika melihat dalam jendela pembidik, sehingga nantinya tau bagaimana foto yang akan dihasilkan. Pengaturan komposisi yang paling tepat pada sebuah photo adalah untuk menyajikan sebuah photo yang mempunyai dimensi, enak dipandang mata, dan ada keteraturan dalam gambar sehingga pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah foto akan lebih mudah di rasakan oleh orang yang melihat foto tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kamera HP Yang Tidak Berfungsi

3. Sudut/Angle pengambilan foto ini menekankan bagaimana cara melihat sebuah objek foto dengan menggunakan camera. Hal ini juga berkaitan dengan bagaimana melihat sebuah objek foto dan bagaimana objek photo tersebut ketika telah menjadi sebuah hasil foto. Pemilihan sudut pada pengambilan gambar yang tepat dapat memberikan kesan tertentu terhadap sebuah hasil foto. Ada tiga sudut cara pengambilan gambar foto yang perlu diketahui.

4. bagi sebagian orang hal yang paling sulit di dapatkan dalam pengambilan foto yaitu momen penting saat pengambilan foto tersebut. Lantas bagaimana caranya untuk mendapatkan momen yang tepat, hal ini yang harus terus dilatih. Disamping sering berlatih kepekaan terhadap suatu kejadian, factor keberuntungan juga dapat membantu untuk mendapatkan momen yang tepat. Momen yang yaitu dimana ketika objek foto yang dilihat ‘bergerak’ sesuai dengan apa yang diinginan dan bagaimana cara untuk merekamnya dengan tidak melupakan ketiga elemen utama foto yang lain.

Nah, itulah empat elemen penting untuk menghasilkan gambar photo yang indah dan bernilai seni tinggi. Selamat berkreasi dan salam sukses.

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here