Dang Merdu – Hampir seluruh handphone saat ini entah itu Android, iPhone, maupun Windows sudah dilengkapi dengan kamera untuk menunjang kegiatan pengguna.
Generasi saat ini rata-rata mempunyai handphone yang sudah memiliki resolusi yang besar dan hampir mendekati kata sempurna. Bahkan kameranya sendiri berfungsi untuk mengambil gambar atau sebuah peristiwa bergerak (video)
Namun jika kameramu tidak dapat berfungsi atau tidak dapat digunakan bagaimana? Bila kamu sedang dalam masalah seperti ini mungkin pembahasan ini adalah jawabannya! Maka dari itu, mari! simak cara memperbaiki kamera hp yang tidak berfungsi dalam pembahasan kali ini ya!

Kamera HP Tidak Dapat Berfungsi
Perlu diketahui, bahwa masalah kamera yang tidak bisa digunakan pada HP pasti terdapat beberapa penyebab, adapun kemungkinan penyebabnya yaitu;
• Error pada aplikasi kamera; biasanya banyak terdapat sampah sehingga membuat kinerja kamera begitu lambat bahkan tidak bekerja sama sekali
• Bug pada sistem Handphone; nah untuk masalah ini biasanya sistem Hp yang belum diperbarui alias masih jadul
• Kerusakan pada komponen kamera; ini bisa terjadi karena beberapa sebab seperti karena benturan keras, HP yang masuk air sehingga mengakibatkan korsleting, dan sebagainya
Sebenarnya masih banyak lagi penyebabnya, namun rata-rata masalah diatas banyak dialami sebagian pengguna HP Android, jadi, disini kami akan mencoba mengulas dari ketiga masalah tersebut. Berikut cara memperbaiki kamera belakang dan depan handphone Android yang tidak dapat digunakan atau tidak berfungsi atau bahkan hilang sama sekali.

Force Close dan Hapus Data
Cara pertama ini adalah cari paling awal untuk mengatasi kamera yang tidak bisa digunakan. Force close sendiri berarti paksa berhenti dan hapus data adalah untuk menghapus chace dan sampah, berikut adalah caranya.
1. Buka menu “Setting” pada HP, dengan cara menekan ikon gerigi.
2. Jika sudah, kemudian pilih “Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi“.
3. Lalu cari aplikasi Kamera dengan kata “Camera”
4. Jika sudah menemukan anda bisa menekan opsi “Paksa Berhenti“ atau “Force Close”, lalu klik opsi “Hapus Data“.

Reboot HP atau Restart
Cara yang kedua yaitu anda bisa me-restrart HP, melakukan restart HP sama dengan merefresh kinerja sistem HP. Kami yakin kamu pasti sudah tahu semua bagaimana cara merestart, namun jika belum kami akan memberitahunya yaitu dengan cara menekan tombol Power di sebelah sisi HP dengan lama -> Klik Restart / Reboot -> tunggu Hingga 5-10 menit dalam keadaan mati -> nyalakan kembali HP -> Buka Kamera.

Apakah sudah berhasil? Jika belum berhasil, mari baca langkah selanjutnya dibawah ini!

Download Aplikasi Kamera
Jika cara yang diatas masih belum berhasil, maka kami rekomendasi anda untuk mencoba cara selanjutnya yaitu dengan menginstall aplikasi pihak ketiga atau aplikasi kamera. Cara ini dapat juga membantu anda jika anda ingin mengembalikan kamera belakang yang hilang, tapi ini tidak untuk mengembalikan aplikasi bawaan, melainkan menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga.
Jangan salah lho meskipun camera adalah aplikasi bawaan dari setiap HP, namun ternyata aplikasi camera juga tersedia di Play Store! Anda dapat mengunduh dan menginstall aplikasi kamera melalui Google Play Store dengan memasukkan keyword “Camera apps” nanti anda akan menemukan berbagai aplikasi. Kami rekomendasikan anda untuk memlilih aplikasi “Open Camera” atau anda bisa klik disini. Atau kalian bisa menggunakan Gcam jika ingin menggunakan aplikasi Mod Google Camera. Pada artikel ini, kami sudah membuat cara instal gcam untuk berbegai jenis HP Android.

Baca Juga : Berhasil! Memperbaiki Kamera Depan Android yang Buram

Update Sistem Android
Jika cara diatas masih tidak bisa juga coba anda perbarui sistem android anda. Nah biasanya banyak dari kita yang enggan untuk memperbarui sistem karena dianggap tidak terlalu penting. Tetapi jangan salah! Pembaruan aplikasi sangatlah berguna untuk menambah dan memperbaiki kinerja mesin di HP! Disamping itu biasanya pembaharuan juga menyertakan update sistem keamanan. Berikut ini adalah caranya;
1. Buka Setelan atau Settings pada handphone sobat.
2. Gulir ke bawah dan temukan menu Tentang Ponsel lalu klik.
3. Jika pembaruan sistem tersedia silahkan download dan perbarui.

Reset atau Setel Ulang Pabrik
Cara ini adalah cara yang paling ekstrim jika cara lain tidak berfungsi, namun sebaiknya anda harus backup seluruh data yang penting yang ada di ponsel anda sebelum anda melalukan reset atau setel ulang pabrik.
Menyetel ulang pabrik maksudnya yaitu sistem di HP kamu akan di setel seperti saat pertama kali kamu membeli Hp tersebut. Nantinya seluruh data di HP anda akan hilang, maka pastikan dahulu kamu membackup segala data yang penting dan yang sekiranya diperlukan. Nah, berikut ini adalah caranya;
• Masuk ke Settings atau bisa klik ikon gerigi pada handphone
• Scroll ke bawah, kemudian tab Setelan Tambahan.
• Lalu tab Cadangkan & setel ulang.
• Lalu tab Kembalikan ke setelan pabrik.
• Tab setel ulang telpon.
• Selesai.
Dengan mengembalikan kepengaturan pabrik sudah pasti menjadi salah satu cara mengembalikan kamera belakang yang hilang

Membawah HP ke Jasa Service
cara ini adalah cara yang terakhir yaitu cara yang sangat-sangat penting jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan pada ponsel yang anda gunakan, dan ini adalah cara yang paling efektif dan menjadi opsi terakhir jika cara-cara diatas tidak berhasil. Kami rekomendasikan anda untuk service ke store resminya, misalnya HP anda adalah Samsung, anda bisa pergi ke Store service Samsungnya langsung, begitupun merek HP lain seperti Xiaomi, LG, Realme, Oppo, Vivo dan lain sebagainya.

Akhir Kata
Mungkin pembahasan diatas adalah cara mengatasi kamera HP yang tidak berfungsi. Namun sangat kami tekankan anda untuk mengikuti cara-caranya sesuai dengan urutan tersebut, karena itu disusun berdasarkan tingkat keberhasilan. Namun bila anda memilih langsung cara terakhir atau cara yang tidak sesuai urutan tidak menjadi masalah juga, itu semua terserah anda.

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here