2 Skutik Listrik Ini Mirip Vespa, Harganya Mulai Dari Rp16 Jutaan
2 Skutik Listrik Ini Mirip Vespa, Harganya Mulai Dari Rp16 Jutaan

Berita Pekanbaru – Berbagai merek melakukan unjuk gigi terkait kendaraannya yang berteknologi elektrik pada pameran kendaraan listrik PEVS (Periklindo Elektric Vehicle Show) 2022. Salah satu diantaranya adalah Davigo bersama MAB (Mobil Anak Bangsa) melalui sub brandnya yaitu Electro yang juga turut memperkenalkan skutik ramah lingkungan dengan wujud yang mirip dengan motor Vespa.

Davigo memberi nama produknya dengan sebutan Forza, sedangkan Electro memberi nama EL02. Jika dibandingkan serasa sekilas terkait dua produk tersebut, memang terlihat sangat mirip yang menggunakan bahasa desain yang mirip dengan Vespa Primavera.

Bagi anda yang belum mengetahui, Davigo sendiri merupakan rebranding dari produsen otomotif yang berasal dari Cina yaitu Luyuan. Pihak dari Davigo sendiri menyebutkan jika Luyuan merupakan salah satu merek motor listrik yang mempunyai dinamo listrik berdasarkan perbandingan (liquid cooling motor).

Baca Juga : 5 Peraturan Yang Tak Tertulis Dan Wajib Untuk Patuhi Saat Berkendara Menggunakan Sepeda Motor Di Jalan Raya

Walaupun mereknya telah di ubah menjadi Davigo, detail dari Luyuan pun tak serta merta di hilangkan begitu saja. Seperti yang terlihat pada bagian suspensi depannya yang masih tampak ada tulisan “Luyuan”nya.

2 Skutik Listrik Ini Mirip Vespa, Harganya Mulai Dari Rp16 Jutaan
2 Skutik Listrik Ini Mirip Vespa, Harganya Mulai Dari Rp16 Jutaan

Begitu pula pada Electro EL02, dimana pada sistem kaki-kakinya yang tak jauh berbeda dengan Davigo yang masih menggunakan rancangan Luyuan serta penggunaan ban yang sama dengan merek Compass. Jika dilihat secara keseluruhan, baik itu Davigo Forza atau Electro EL02 yang terlihat begitu identik. Yang membedakannya hanya ada pada penggunaan stiker pada masing-masing merek saja.

Spesifikasi

Untuk spesifikasi skutik listrik Davigo Forza jika dilihat berdasarkan data teknisnya, motor listrik yang satu ini dibekali dengan motor listrik 60V 550R 800 watt yang mengandalkan sistem pendingin liquid cooling motor. Untuk baterainya menggunakan tipe Graphene dengan daya sebesar 60V 23Ah yang diklaim mampu menghasilkan kecepatan puncak hingga 50 km/jam dengan jarak tempuhnya hingga mencapai 60 km.

Sementara durasi pengisian baterainya dari posisi 0 persen hingga mencapai 100 persen hanya membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam dengan menggunakan opsi cas pada listrik rumahan. Hanya saja, opsi baterai yang digunakan oleh Davigo Forza tak dapat dilepas pasang atau yang dikenal dengan model baterai tanam.

Berbeda dengan spesifikasi dari Electro EL02 meski sama-sama masih dibekali dengan dinamo listrik dengan kapasitas 60V 550R 800 watt plus sistem pendingin. Yang membedakan ada pada bagian baterai pada EL02 yang telah menggunakan model Lithium dengan daya sebesar 60V 24Ah. Terkait performa serta jarak tempuhnya sendiri tak berbeda dengan Davigo Forza yang mampu menghasilkan kecepatan hingga 50 km/jam dengan jarak tempuh hingga mencapai 60 km/jam.

2 Skutik Listrik Ini Mirip Vespa, Harganya Mulai Dari Rp16 Jutaan
2 Skutik Listrik Ini Mirip Vespa, Harganya Mulai Dari Rp16 Jutaan

Untuk harga jualnya sendiri, Davigo Forza dapat dipesan dengan baderol harga Rp. 16,3 juta. Sementara Electro EL02 dipasarkan dengan harga sebesar Rp. 17 hingga Rp. 18 jutaan dan sayangnya Electro EL02 baru akan dipasarkan secara resmi pada akhir tahun ini.

Pameran PEVS (Periklindo Elektric Vehicle Show) 2022 berada di area JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat yang telah berlangsung sejak tangga 22 hingga 31 Juli mendatang. Apabila anda memiliki rencana untuk berkunjung kesana, anda akan diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 30 ribu dari hari Senin hingga Kamis serta Rp. 50 ribu pada hari Jumat hingga Minggu. Para pengunjung yang datang juga dapat melakukan test ride untuk beberapa jenis motor listrik seperti Gesits, Rakata, Niu, Selis, Regen dan juga Volta.

Untuk informasi lainnya seputar Berita Otomotif Terupdate hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here